IPM Kota Batu Peringkat 4 se-Jatim

Pertumbuhan IPM Kota Batu tahun 2022 merupakan yang tertinggi dibandingkan tahun 2020 hingga 2022 yaitu sebesar 0,85 persen. 

05 Dec 2023 - 17:45
IPM Kota Batu Peringkat 4 se-Jatim
Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai. (Ist).

Kota Batu, SJP - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur mencatat, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Batu mengalami pertumbuhan hingga hingga akhir 2023, tercatat 79,07 atau bertumbuh 1,20 persen ini menandakan capaian pembangunan manusia berstatus tinggi.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan, pertumbuhan IPM Kota Batu tersebut kini berada di urutan keempat tertinggi dari 38 kota/kabupaten seluruh Jawa Timur.

"Itu menunjukkan adanya indikator perbaikan kualitas hidup masyarakat Kota Batu baik dari sisi kesehatan, pendidikan, dan perekonomiannya," ucapnya, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (5/12/2023).

Menurut Aries, pertumbuhan IPM Kota Batu tahun 2022 merupakan yang tertinggi dibandingkan tahun 2020 hingga 2022 yaitu sebesar 0,85 persen. 

"Tahun 2023 ini merupakan yang tertinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Semoga pertumbuhan ini selaras dengan pertumbuhan kualitas hidup masyarakat secara menyeluruh," jelas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Jatim ini.

Aries menjelaskan, IPM ini merupakan cara mengukur seberapa baik pembangunan daerah yang fokusnya pada aspek kualitas hidup dasar, antara lain pengetahuan yang dimiliki masyarakat, kehidupan layak atau tidaknya, dan kesehatan penduduk.

"Selain itu kesejahteraan masyarakat yang dilihat dari sejauh mana orang dapat memenuhi kebutuhan pokok untuk hidup layak," terangnya.

Aries menegaskan, kemajuan IPM tersebut tentunya berkat kerja keras dan sinergitas semua pihak, baik itu pemerintah maupun masyarakat. 

"Tingkatkan sinergitas dan terus berkarya sehingga membawa dampak positif bagi kualitas hidup masyarakat," tutupnya. (*)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow