Menko Polhukam Tegaskan Santri Punya Pendirian Pilih Pemimpin

Hadiri Haul Ponpes di Gresik sebagai Menko Polhukam, Mahfud MD tegaskan kehadirannya bukan dalam rangka berkampanye

25 Dec 2023 - 06:45
Menko Polhukam Tegaskan Santri Punya Pendirian Pilih Pemimpin
Mahfud MD dalam peringatan haul dan majelis dzikir di pondok pesantren (Ponpes) Al Ishlah, Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik(SJP)

Kabupaten Gresik, SJP – Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD tegaskan kalangan santri miliki prinsip dan pendirian dalam pilih pemimpin

Sebab dunia pondok pesantren (Ponpes) telah didik mereka untuk miliki ideologi yang fundamental dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa dan negara.

Demikian disampaikan Mahfud MD saat menghadiri peringatan haul dan majelis dzikir di pondok pesantren (Ponpes) Al Ishlah, Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Ahad (24/12/2023). 

Mahfud MD yang masih jabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia (Menko Polhukam) juga tegaskan kehadirannya bukan dalam rangka berkampanye.

“Kedatangan saya kesini bukan untuk kampanye, karena kalau orang pesantren itu biasanya sudah punya pendirian, punya sikap, dan punya penilaian serta prinsip dalam memilih pemimpin. Jadi dikampanyei juga tidak ada gunanya, karena memang sudah memilih atau sudah tidak memilih,” kata Mahfud MD, Minggu (24/12/2023).

Mahfud jelaskan bahwa para santri dididik banyak hal tidak hanya ilmu agama oleh ulama-ulama di pondok pesantren.

Sehingga tak heran jika para alumni pesantren banyak yang jadi orang-orang hebat yang memiliki kontribusi besar bagi bangsa dan negara Indonesia.

“Meskipun terkadang pesantren itu dilupakan dari proses kenegaraan. Saya saat ini menjadi Menko Polhukam, menteri dua kali, pernah juga menjadi anggota DPR, pernah menjadi Ketua MK, saya dulu juga santri,” terangnya.

Menjadi alumni santri, Mahfud akui cukup banyak ketahui kebutuhan-kebutuhan pesantren.

Sehingga kehadiran negara sangat penting bagi pengembangan dan kemajuan pondok pesantren di Indonesia.

“Saya cukup banyak mengetahui kebutuhan-kebutuhan pesantren, karena saya pernah mondok di pesantren,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mahfud ajak para santri dan masyarakat umum untuk gunakan hak pilih sebaik-baiknya dalam menentukan pemimpin.

Sebab masa depan bangsa Indonesia ditentukan oleh suara masyarakat tidak terkecuali para santri.

“Jadi gunakan hak pilih kita sebaik-baiknya,” tandas dia.

Dalam peringatan haul dan majelis dzikir di Ponpes Al Ishlah Bungah yang dihadiri ribuan ulama, santri dan masyarakat itu, Mahfudz MD hadir didampingi sejumlah petinggi partai koalisi, seperti Sekretaris DPC PDIP Gresik Noto Utomo, serta segenap petinggi lainnya. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow