DPUBM Kabupaten Malang Tunjang Pemulihan Ekonomi Masyarakat Lewat Perbaikan Infrastruktur

Perbaikan jalan dan infrastruktur jalan di Kabupaten Malang diprioritaskan yang bisa berdampak pada perekonomian masyarakat, baik pertanian, perdagangan, maupun pariwisata dengan cara perbaikan dan peningkatan jalan umum.

08 Nov 2023 - 20:00
DPUBM Kabupaten Malang Tunjang Pemulihan Ekonomi Masyarakat Lewat Perbaikan Infrastruktur
Kondisi Jembatan Pelangi, Akses Jalan menuju Pantai Balekambang (SJP)

Kabupaten Malang, SJP - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang terus berupaya untuk ikut menunjang pemulihan perekonomian masyarakat dengan melakukan perbaikan infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten setempat.

Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Khairul Isnaidi Kusuma,ST.MT mengatakan, pihaknya akan terus melakukan perbaikan baik overlay atau pelapisan kembali aspal, maupun melakukan rabat beton jalan untuk menunjang perekonomian masyarakat Kabupaten Malang.

"Perbaikan jalan dan infrastruktur jalan di Kabupaten Malang kita lakukan, tapi kami prioritaskan yang langsung bisa berdampak pada perekonomian masyarakat, baik pertanian, perdagangan, maupun pariwisata," ucapnya, saat ditemui SuaraJatimPost.com, Rabu (8/11/2023).

Pria yang akrab disapa Oong ini menjelaskan, perbaikan infrastruktur tersebut meliputi perbaikan dan peningkatan jalan umum, maupun pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU), bahkan normalisasi atau pembangunan drainase.

"Kita lakukan di beberapa titik, jadi selain perbaikan akses jalan menuju wisata, kami juga melakukan perbaikan di beberapa titik di akses jalan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di segala lini," jelasnya.

Untuk itu, lanjut Oong, pihaknya tengah berupaya mencari bantuan dari pemerintah pusat untuk mendanai kegiatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kita berupaya mencari bantuan Kementrian PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), dan Alhamdulillah dapat untuk perbaikan jalan Gondanglegi - Balekambang, pagunya sekitar mencapai Rp200 miliar," terangnya.

Anggaran perbaikan jalan yang bersumber dari APBN tersebut, lanjut Oong, akan digunakan untuk perbaikan jalan nasional menuju Pantai Balekambang yang terbagi menjadi dua segmen. Yakni segmen A dari jalan Desa Wonokerto, Kecamatan Bantur hingga Kecamatan Gondanglegi sepanjang 15 kilometer (Km).

"Untuk segmen B dari jalan Pantai Balekambang menuju ke Wonokerto sepanjang 16 Km akan dilakukan dimulai awal tahun 2024, dan Segmen A dikerjakan di tahun selanjutnya," tegasnya. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow