Bupati Malang Sabet Penghargaan Tokoh Penggerak Salat Berjemaah

Sanusi mendapatkan apresiasi tersebut berkat konsisten nya peduli terhadap kegiatan keagamaan, diantaranya sering melaksanakan sholat berjamaah dengan masyarakat dan seluruh Jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang melalui Suling (Sholat Subuh Keliling).

15 Nov 2023 - 17:00
Bupati Malang Sabet Penghargaan Tokoh Penggerak Salat Berjemaah
Bupati Malang HM Sanusi (kanan) bersama Ketua pengurus DMI Pusat HM Jusuf Kalla dalam agenda penganugrahan Tokoh Penggerak Sholat Berjamaah. (doc/indahprokopim)

Suarabaya, SJP - Bupati Malang Drs HM Sanusi MM menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Salat Berjemaah. 

Penganugerahan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Pengurus Pusat DMI, Muhammad Jusuf Kalla kepada Bupati Malang di Auditorium lantai 9 Kampus B Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Selasa (14/11/2023) malam.  

Sanusi mendapatkan apresiasi tersebut berkat konsistensi dirinya yang peduli terhadap kegiatan keagamaan. Di antaranya, sering melaksanakan salat berjemaah dengan masyarakat dan seluruh jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang melalui Suling (Salat Subuh Keliling).

Ketua Pengurus Pusat DMI, Jusuf Kalla menjelaskan, ada tiga hal yang dapat menjadikan kemakmuran masjid. 

Pertama, adalah membangun masjid. Kedua, mendirikan salat berjemaah dengan baik dan ketiga, mengajak khalayak salat berjemaah di masjid. 

Sementara itu Bupati Malang, HM Sanusi tak lupa mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang ia peroleh.

"Tentunya, ini menjadi pemicu agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus melakukan hal baik untuk masjid," ucapnya. 

Oleh karena itu, Pemkab Malang menjadikan masjid dan salat berjemaah sebagai sarana menggerakkan masyarakat. 

“Kami telah rutin melakukan salat berjemaah bersama masyarakat melalui Salat Subuh Keliling (Suling) dalam satu minggu sekali. Bahkan, kami juga mengajak seluruh Jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang,” ucap Sanusi. 

Pemkab Malang patut bangga, sebab tak hanya Bupati Malang yang mendapatkan penghargaan. Ada tiga masjid di Kabupaten Malang yang juga meraih penghargaan.

Di antaranya, Masjid Al Hidayah Kecamatan Karangploso, kategori Masjid Jami’ meraih juara I, dan Masjid Besar Sabilit Taqwa Kecamatan Bululawang meraih juara 3 kategori Masjid Kampung/Mall/Passr/Rest Area, serta Masjid Sabilal Muhtadin Kecamatan Poncokusumo kategori Masjid Besar meraih juara harapan 2. 

Untuk itu, Sanusi berharap agar penghargaan ini dapat menjadi contoh bagi semua elemen masyarakat agar lebih memperhatikan tempat ibadah khususnya dalam segi ibadah.

“Ini merupakan hasil kerja dari seluruh elemen masyarakat, terutama para pengurus masjid di Kabupaten Malang, semoga hal ini dapat menginspirasi kita semua untuk lebih memperhatikan tempat ibadah, serta dapat menjadi contoh bagi masjid-masjid lain yang ada di Kabupaten Malang,” pungkas Sanusi. 

Sementara itu Ketua DMI Kabupaten Malang Drs KH Imam Sibaweh menjelaskan, penghargaan ini diberikan karena adanya Program Suling dari Pemerintah Kabupaten Malang. 

Karena mengingat jumlah Masjid yang ada di Kabupaten Malang lebih dari 2.000 masjid sedangkan jumlah masyarakat muslim lebih dari 200 juta jiwa, namun yang hadir salat berjemaah di masjid itu hanya 45 persen. 

“Hal itulah yang mendasari kami sebagai Ketua DMI Kabupaten Malang untuk mengajak Bapak Bupati Malang untuk melaksanakan salat subuh berjemaah setiap satu minggu sekali. Dan safari salat subuh inilah yang kita ajukan kepada Pengurus Pusat DMI, sehingga Bapak Bupati Malang mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Salat Berjemaah,” tandasnya. (*)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow