Berkunjung ke Candi Jabung, Peninggalan Kerajaan Majapahit di Probolinggo yang Instagramable

Candi Jabung merupakan peninggalan kerajaan Majapahit, tepatnya pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk.

18 Nov 2023 - 17:30
Berkunjung ke Candi Jabung, Peninggalan Kerajaan Majapahit di Probolinggo yang Instagramable
Candi Jabung di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit

Kabupaten Probolinggo - SJP - Sebagai negara yang memiliki riwayat sejarah begitu banyak, Indonesia menyisakan bukti berbagai hal yang terkait sejarah tersebut. 

Mulai dari bangunan, artefak hingga manuskrip sejarah yang menandakan bahwa Indonesia adalah bangsa yang bersejarah. 

Bicara bangunan sejarah, ada beberapa banyak bukti yang berada di daerah-daerah, salah satunya Kabupaten Probolinggo. 

Yaitu, Candi Jabung yang berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur bahkan destinasi wisata ini cukup Instagramable.

Candi jabung terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, atau kurang lebih 5 km ke arah timur dari Kota Kraksaan sebagai ibu kota Kabupaten Probolinggo.

Perlu diketahui, Candi Jabung merupakan peninggalan kerajaan Majapahit, tepatnya pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk.

Pasca keruntuhannya, Kerajaan Majapahit meninggalkan sejumlah peninggalan seperti buku, prasasti, budaya, hingga candi di seluruh Jawa.

Di dalam Kitab Nagarakertagama dijelaskan secara rinci tentang perjalanan hidup Raja Hayam Wuruk dan bagaimana Candi Jabung dibangun pada masa pemerintahannya.

Menurut Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, Candi Jabung ini bersifat Buddha Mahayama (Budha Mahayana adalah salah satu aliran utama agama Buddha) meskipun di sisi tenggaranya terdapat relief Sri Tanjung.

Kitab Pararaton juga menyebutkan bahwa bangunan ini digunakan sebagai Pendharmaan Raden Sumana dengan nama bangunan Bajrajinaparamitapuri.

Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur juga menjelaskan tentang bagian-bagian dari Candi Jabung ini. Candi Jabung terdiri dari tiga bagian, yaitu kaki, badan, dan atap.

Candi Jabung terbentuk dari batu bata merah dan memiliki ukuran kurang lebih 14 x 10 meter dan tinggi kurang lebih 16 meter. Candi Jabung diperkirakan berdiri pada tahun 1354 Masehi.

Keberadaan Candi Jabung, menjadi daya magnet tersendiri bagi masyarakat. Banyak dari mereka yang meluangkan waktu untuk berlibur. 

Mereka mendatangi Candi Jabung untuk berfoto ria. Apalagi, Candi ini juga sangat instagramable bagi penggila media sosial. 

Salah satu pengunjung, Indana yang pada Sabtu, (18/11/2023) mengaku senang dengan adanya Candi Jabung yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit itu. 

"Bagus sekali ya, kesannya masih natural dan benar-benar menarik. Apalagi Candi Jabung ini mempunyai sisi historis dimana merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit," ujar perempuan asal Jember ini. 

Ia pun tak lupa mengabadikan momen kunjungannya ke Candi Jabung bersama teman-temannya. 

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow