Bawaslu Bondowoso Siap Siaga Awasi Pemilu 2024

Tujuan dari apel akbar ini adalah untuk memastikan kesiapan dan keberlanjutan upaya pengawasan dalam menyelenggarakan pemilihan umum yang transparan, adil, dan demokratis

12 Feb 2024 - 18:47
Bawaslu Bondowoso Siap Siaga Awasi Pemilu 2024
Kompak, Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto bersama Forkopimda, Bawaslu dan KPU usai ikuti apel kesiapsiagaan pemilu 2024 (Foto : Rzq/SJP)

Kabupaten Bondowoso, SJP – Memasuki hari tenang jelang Pemilu 2024 yang akan digelar pada 14 Februari mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bondowoso, menggelar Apel Akbar Siaga Pengawasan Pemilu 2024 di Alun-alun Raden Bagus Asra, Senin (12/2/2024).

Apel tersebut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto, Forkopimda, Pj Sekretaris Daerah, Kepala Dinas terkait, Bawaslu, KPU, perwakilan Partai Politik dan diikuti oleh Panwaslu se-Kabupaten Bondowoso.

Tujuan dari apel akbar ini adalah untuk memastikan kesiapan dan keberlanjutan upaya pengawasan dalam menyelenggarakan pemilihan umum yang transparan, adil, dan demokratis di Kabupaten Bondowoso.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang Soekwanto menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam pengawasan pemilihan umum. 

Dirinya juga mengapresiasi pelaksanaan apel ini sebagai wujud komitmen bersama dalam menjaga Bondowoso tetap aman, kondusif dan tertib saat masa tenang hingga penghitungan suara pada Pemilu 2024.

"Saya yakin di Bondowoso bisa menjalankan hal tersebut. Kita bersama TNI-Polri, Bawaslu dan KPU, secara konsisten dan berkomitman menyelenggarakan pemilu yang aman, damai dan sejuk,” katanya.

Bambang berharap agar stakeholder terkait dan partisipasi seluruh masyarakat bisa bersama-sama menjaga agar pelaksanaan pemilu berlangsung sukses.

“Karena pemilihan ini dari Indonesia, untuk Indonesia, untuk kepentingan bangsa. Siapa pun yang terpilih maupun tidak, kita semua bersaudara, itulah demokrasi,” ujarnya.

Apel akbar ini juga menjadi kesempatan bagi Pj Bupati Bondowoso untuk menyampaikan pesan-pesan penting terkait dengan integritas, keamanan, dan keterbukaan dalam proses pemilihan.

Bahkan, ia menekankan pentingnya menjaga iklim demokrasi serta memastikan bahwa seluruh proses pemilihan berjalan dengan lancar dan bebas dari segala bentuk kecurangan.

“Melalu giat ini saya berharap bisa menguatkan komitmen seluruh pihak untuk menjaga integritas dan keamanan selama proses pemilihan umum berlangsung, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam memastikan kelancaran dan keadilan dalam demokrasi,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bondowoso, Nani Agustina mendorong jajaran pengawas di tingkat kecamatan hingga kelurahan/desa untuk memaksimalkan upaya pencegahan pelanggaran Pemilu 2024 selama masa tenang.

“Bawaslu tidak hanya mengawasi dan menindak pelanggaran, tetapi juga melakukan upaya pencegahan pelanggaran. upaya tersebut akan memaksimalkan fungsi pengawas pemilu,” terangnya.

Kepada semua jajarannya hingga tingkat desa/kelurahan, Nani Agustina menekankan aga memaksimalkan identifikasi potensi pelanggaran di wilayahnya masing-masing dan meminimalisasi potensi pelanggaran.

“Beban berat tugas kita adalah kompleksitas dan dinamika. Karena Bawaslu adalah jujugan semua pihak ketika mengalami persoalan di lapangan. Semoga pelaksanaan Pemilu 2024, berjalan lancar, aman, tertib, jujur dan adil,” pungkasnya. (*)

Editor : Tri Sukma 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow