400 Peserta Didik se Kota Batu Ikuti Aksi Bergiziku

rogram Aksi Bergiziku, tujuannya adalah untuk menanamkan kebiasaan konsumsi makanan seimbang di kalangan remaja berusia 14-19 tahun di Kota Batu.

23 Oct 2023 - 20:30
400 Peserta Didik se Kota Batu Ikuti Aksi Bergiziku
Pembukaan aksi bergiziku di Jatim Park 1 Senin (23/10/2023) (Jack Alfres/SJP)

Kota Batu, SJP - Sebanyak 400 siswa dari sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) di Kota Batu turut serta dalam penyelenggaraan Kampanye Aksi Bergizi dan Mencanangkan Aksi Bergiziku di Jatim Park 1, Senin (23/10/2023).

Asisten Administrasi Umum, Abdillah Al Kaff, yang mewakili Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengatakan, Indonesia berada pada peringkat keempat terbesar di dunia dalam hal perkembangan gizi.

"Meskipun begitu, isu gizi tetap menjadi perhatian utama yang signifikan. Hal yang sama berlaku untuk permasalahan anemia, yang merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa dialami oleh semua usia," kata dia kepada suarajatimpost.com saat ditemui seusai kegiatan, Senin (23/10/2023).

"Ayo kita mulai kegiatan ini sebagai titik awal dari tekad bersama untuk meningkatkan mutu gizi anak-anak kita dan membentuk masa depan yang lebih cerah," tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Kartika, mengatakan melalui program Aksi Bergiziku, tujuannya adalah untuk menanamkan kebiasaan konsumsi makanan seimbang di kalangan remaja berusia 14-19 tahun di Kota Batu.

"Dalam pelaksanaannya, kampanye ini diikuti oleh 400 peserta dari 31 sekolah menengah pertama dan madrasah tsanawiyah (SMP/MTs) serta 28 sekolah menengah atas (SMA) di wilayah Kota Batu," kata dia.

"Jika remaja mulai mengonsumsi makanan yang kaya gizi sejak usia dini, maka di masa mendatang mereka memiliki potensi untuk menjadi generasi yang unggul. Ini terutama penting bagi remaja putri, karena mereka akan menjadi ibu di masa depan, melahirkan anak, dan ini akan berdampak pada upaya menurunkan kasus stunting," tambahnya.

Dia menjelaskan dalam rangka memperkuat inisiatif pola hidup sehat ini, Kartika juga mengungkapkan rencana Pemerintah Kota Batu untuk mendirikan sebuah Surat Keputusan (SK) Hari Bekal di semua sekolah di Kota Batu.

"Dalam pelaksanaannya, SK tersebut akan mengharuskan siswa membawa bekal makanan yang sesuai dengan program "Isi Piringku," tandasnya.

Sebagai informasi dalam acara ini, turut hadir Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Batu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batu, serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu. (*)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow