Wow! PSU Senila Rp 49 Miliar Diterima Pemerintah Kota Batu

Minat pengembang perumahan untuk menyerahkan PSU di Kota Batu terus meningkat. Saat ini, sudah ada tiga pengembang perumahan yang telah menyerahkan PSU fisik, dan 12 pengembang lainnya telah melaksanakan penyerahan PSU secara administratif

12 Oct 2023 - 08:45
Wow! PSU Senila Rp 49 Miliar Diterima Pemerintah Kota Batu
Pj Wali Kota Batu memegang dokumen yang telah ditandatangani Rabu (11/10/2023) (Jack Alfred/SJP)

Kota Batu, SJP - PJ Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengatakan, pemerintah Kota Batu telah menerima penyerahan Prasarana Sarana Utilitas (PSU) dengan total nilai aset mencapai Rp 49,751 miliar dari tiga pengembang perumahan di kota tersebut.

"Penyerahan ini berasal dari Perumahan Kusuma Pinus dengan PSU seluas 22.677m2 dan nilai aset Rp 42,224 miliar, Perumahan Permata Garden Regency dengan PSU seluas 2.480m2 dan nilai aset Rp 977 juta, serta Perumahan Kayana Regency dengan PSU seluas 8.044m2 dan nilai aset Rp 6,550 miliar," kata dia.

Dia menjelaskan, penambahan nilai aset ini diharapkan akan memberikan dampak positif pada Kota Batu, dan diharapkan peningkatannya akan terus berlanjut pada tahun 2023.

"Pendataan Prasarana Sarana Utilitas (PSU) yang dilakukan secara berkala akan mendukung pembuatan sistem pelaporan yang teratur, tepat waktu, komprehensif, dan akurat. Selain itu, pendataan PSU di perumahan juga akan mempermudah pemerintah dalam melakukan pemantauan dan identifikasi perumahan yang membutuhkan perbaikan atau pembangunan PSU," kata dia.

Aries menekankan kerjasama yang baik dengan Kejaksaan Negeri dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) sangat penting dalam mendorong dan memotivasi pendataan dan penyerahan PSU oleh pengembang perumahan.

Tanpa kerjasama yang efektif, pencapaian ini akan sulit diwujudkan.

"Minat pengembang perumahan untuk menyerahkan PSU di Kota Batu terus meningkat. Saat ini, sudah ada tiga pengembang perumahan yang telah menyerahkan PSU fisik, dan 12 pengembang lainnya telah melaksanakan penyerahan PSU secara administratif," ujarnya.

Dia mengungkapkan ada 26 pengembang perumahan lain yang masih dalam tahap penyelesaian administrasi penyerahan PSU.

"Selain itu, ada 64 pengembang perumahan yang belum memberikan respons atau tindakan terkait penyerahan PSU," tandasnya. (*)

Editor: Queen Ve 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow