Pemkab Tuban Berikan Bantuan Mesin Jahit dan Gerobak Dorong

Penerima gerobak dorong dapat pelatihan membuat jajanan berbahan ikan dukung upaya pemerintah terkait pencegahan dan percepatan penanganan stunting di Kabupaten Tuban.

05 Dec 2023 - 20:30
Pemkab Tuban Berikan Bantuan Mesin Jahit dan Gerobak Dorong
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky saat serahkan bantuan mesin jahit (Foto: Ist/Atmo)

Kabupaten Tuban ,SJP-  Sejumlah 400 warga di Kabupaten Tuban dapat pelatihan ketrampilan dan mendapat bantuan dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Tuban Jawa Timur.

400 penerima bantuan berasal dari 20 kecamatan dengan kriteria penerima bantuan dan pelatihan adalah warga berusia produktif dan masuk dalam DTKS.

Selain itu mereka juga harus memenuhi persyaratan administratif, salah satunya mengirimkan proposal pengajuan bantuan untuk diverifikasi.

Bantuan 200 mesin jahit dan 200 gerobak dorong diserahkan Bupati Tuban Adytia Halindra Faridzky kepada warga Tuban, Selasa (05/12/2023), di Pendopo Krido Manunggal Kabupaten Tuban.

Bupati Lindra instruksikan agar Disnakerin Tuban lakukan pengawasan dan pendampingan secara berkala.

Jika dirasa hasilnya kurang maksimal, penerima bantuan akan mendapat pendampingan.

Lindra juga berikan apreasiasi kepada Disnakerin Tuban yang telah berikan pelatihan dan menyalurkan bantuan alat. 

Penerima mesin jahit mendapat pelatihan pembuatan peci yang hasil produksinya akan diupayakan dapat diserap pasar maupun perusahaan.

Pasalnya terdapat pondok pesantren, memiliki wisata religi dan banyak perusahaan swasta di Kabupaten Tuban

“Diharapkan penyerahan bantuan ini membawa multiplyer effect, mulai dari pertumbuhan ekonomi, pembukaan lapangan kerja, hingga penurunan stunting,” terangnya.

Sementara, Plt. Disnakerin Kabupaten Tuban, Suwito, tambahkan 400 penerima sejumlah 200 orang mengikuti pelatihan pembuatan peci mulai 13-22 November dan diberikan bantuan mesin jahit. 

Sedangkan, 200 orang lainnya mengikuti pelatihan pembuatan jajanan anak berbahan baku ikan 6-9 November dan  diberikan bantuan gerobak.

Para penerima diharapkan memanfaatkan bantuan tersebut dengan maksimal dan merawatnya.

“Program ini bertujuan meningkatkan keterampilan masyarakat, berwirausaha, dan mengurangi pengangguran dengan meningkatkan pendapatan,” tuturnya. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow