Wah.. Desa Kare Madiun Masuk Nominasi Terbaik LDWN 2023

Desa Kare di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun masuk dalam daftar nominasi 45 desa terbaik dalam Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2023 dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya.

13 Nov 2023 - 18:45
Wah.. Desa Kare Madiun Masuk Nominasi Terbaik LDWN 2023
Nongko Ijo, salah satu destinasi wisata desa Kare Kabupaten Madiun yang menjadi favorit kunjungan wisata (SJP)

Kabupaten Madiun, SJP - Siapa sangka, Desa Kare yang berada di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun, memiliki banyak sekali potensi wisata.

Desa yang berada di lereng Gunung Wilis ini masuk dalam daftar nominasi 45 desa terbaik dalam Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2023 dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Madiun, Supriadi, mengatakan, lolosnya Desa Kare sebagai 45 desa wisata terbaik di ajang LDWN 2023 karena keberadaan banyak potensi objek wisata yang ada di wilayahnya.

"Di Desa Kare ada wisata alam, budaya, dan wisata buatan yang sudah dioptimalkan pemenuhan sarana prasarana dan pengelolaannya," katanya, Senin (13/11/2023).

Ia menjelaskan sejumlah potensi wisata itu termasuk Hutan Wisata Nongko Ijo, Air Terjun Tambak Lare, Air Terjun Kertoembo, hingga yang terbaru jalur pendakian Puncak Wilis atau Liman dengan keberadaan Resto Sekar Wilis sebagai lokasi basecamp.

Kata Supriadi, tim verifikasi dari Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Kemendes PDTT RI telah berkunjung ke Desa Kare untuk melakukan penilaian lapangan.

Hal ini untuk memastikan bahwa Desa Kare sesuai dengan yang tertulis dalam kelengkapan administrasi yang dipaparkan saat pendaftaran.

Sejumlah aspek penilaian sebagai desa wisata berkelanjutan meliputi unsur ekonomi, budaya, dan lingkungan, serta aspek sapta pesona seperti keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keramahan, dan kenangan.

"Tim juga melakukan wawancara dengan kades, BUMDesa, dan pengelola wisata," lanjutnya.

Sebagai informasi, Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2023 merupakan upaya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk mendorong pembangunan desa melalui pengembangan desa wisata.

Tujuan utamanya sebagai salah satu langkah percepatan peningkatan ekonomi desa melalui pengembangan potensi wisata desa di Tanah Air.

Hal ini juga sebagai bentuk dukungan dan komitmen pemerintah melalui pemberian bantuan program pengembangan objek wisata dan pelaksanaan Lomba Desa Wisata Nusantara sebagai langkah untuk mengapresiasi dan mempromosikan desa wisata.(*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow