Tingkatkan Capaian Suara Serta Kursi, DPD PAN Lakukan Kunjungan Door to door

DPD PAN Jember di kecamatan Jelbuk, Jember targetkan 7 kursi di tingkat DPRD Jember, masing-masing 2 kursi di tingkat DPRD Propinsi dan DPR RI

27 Dec 2023 - 03:45
Tingkatkan Capaian Suara Serta Kursi, DPD PAN Lakukan Kunjungan Door to door
Kegiatan Roadshow DPD PAN Jember.(Ulum/SJP)

Kabupaten Jember, SJP - Pelaksanaan Pemilu yang hanya tinggal 1,5 bulan, atau 48 hari lagi, benar-benar dimanfaatkan oleh sejumlah partai politik untuk menggerakkan mesin partai.

Seperti halnya yang dilakukan DPD PAN Jember di kecamatan Jelbuk Jember yang targetkan 7 kursi di tingkat DPRD Jember, masing-masing 2 kursi di tingkat DPRD Propinsi dan DPR RI.

Jurus jitu yang dilakukan agar masyarakat berikan dukungan adalah dengan gelar roadshow ke sejumlah kecamatan.

Bahkan dalam satu hari, rombongan DPD PAN Jember minimal datangi 3 kecamatan untuk sapa warga dan sejumlah saksi TPS.

Dalam hal ini, Evi Lestari, yang juga Caleg PAN DPRD Propinsi Jatim dari Dapil Jember-Lumajang katakan tugas Caleg dan juga saksi selain awasi jalannya pemilu terutama saat ada di setiap TPS, juga menjadi tim atau kepanjangan tangan partai untuk mendapat suara partai atau caleg sebanyak mungkinĀ 

"Saksi itu juga termasuk relawan partai, selain mengawasi proses pemilu, terutama saat penghitungan suara di TPS, juga termasuk sebagai relawan yang harus mampu mencari suara untuk partai atau caleg nya, memperkenalkan kepada masyarakat, dan juga keluarganya," kata Evi Lestari, Rabu (27/12/2023)

Tidak hanya itu saja, dalam setiap titik acara yang dihadiri oleh puluhan kader, saksi dan masyarakat, DPD PAN Jember juga memberikan bimtek (bimbingan teknis, sekaligus sosialisasi cara mencoblos surat suara saat di TPS.

"Dan saksi harus sudah di TPS sebelum proses pencoblosan dimulai,yakni sejak jam 7 pagi," jelas Evi.

Sementara ketua DPD PAN Jember Abdus Salam atau yang biasa disapa Cak Salam, dalam kesempatan tersebut menyatakan, bahwa saksi di TPS, merupakan kunci kemenangan dalam mengawal proses pemilihan di setiap TPS.

Karena tidak sedikit hilangnya suara partai saat proses pemilihan, karena minimnya saksi.

"Selama ini tidak semua TPS diisi oleh saksi PAN. Akibatnya, banyak suara PAN yang hilang di tengah jalan, oleh karenanya, ddiwaktu yang tersisa ini,kami memaksimalkan peningkatan kemampuan saksi di TPS, dalam mengawal suara PAN," ujar Cak Salam.

Cak Salam tambahkan jika setiap saksi PAN mampu membawa 10 orang untuk memilih PAN.

"Setiap saksi nantinya jika mampu merekrut minimal 10 orang pemilih, dengan jumlah TPS se Kabupaten Jember yang mencapai 7.706, maka akan terkumpul suara 77 ribu lebih," jelas Cak Salam.

Lebih lanjut ia sampaikan, bahwa roadshow DPD PAN Jember, juga sekaligus merekrut kader dan pengurus DPD PAN hingga tingkat Rayon atau Dusun.

"Jadi sekaligus roadshow atau turba ini,untuk melakukan konsolidasi pengurus dditingkat bawah, yakni sampai ditingkat rayon atau Dusun," pungkas Cak Salam.

Selain berikan Bimtek kepada saksi-saksi TPS, jajaran DPD PAN Jember juga menyapa warga dengan membagikan stiker dan juga minyak goreng, agar warga mengenal calon dan juga partainya.(*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow