Tekan Gejolak Inflasi, 30 Ton Bawang Merah Probolinggo Dikirim ke Maluku Tengah

Sebanyak 30 ton bawang merah Kabupaten Probolinggo dikirim tiba di Kota Masohi.sebagai rangkaian tindak lanjut pasca MOU antara Pemkab Probolinggo dengan Pemkab Maluku Tengah pada beberapa waktu silam.

11 Nov 2023 - 23:15
Tekan Gejolak Inflasi, 30 Ton Bawang Merah Probolinggo Dikirim ke Maluku Tengah
Sebanyak 30 ton bawang merah kualitas super secara bertahap dikirim Pemkab Probolinggo ke Maluku Tengah (foto: Dok. DKUPP/SJP)

Kabupaten Probolinggo, SJP - Potensi bawang merah Kabupaten Probolinggo begitu menggiurkan, sebab secara rasa dan kualitasnya yang super acapkali menjadi incaran para konsumen di pelbagai daerah.

Tak ayal, banyak petani bawang merah yang sukses di Kabupaten Probolinggo karena kualitasnya yang super.

Hal itulah yang membuat Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah membutuhkan suplai bawang merah dari Kabupaten Probolinggo.

Sebanyak 30 ton bawang merah Kabupaten Probolinggo dikirim tiba di Kota Masohi.

Pada suarajatimpost.com, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo, Taufik Alami mengamini ikhwal tersebut.

"Iya benar, jadi ini merupakan rangkaian tindak lanjut pasca MOU antara Pemkab Probolinggo dengan Pemkab Maluku Tengah pada beberapa waktu silam," jelasnya melalui sambungan seluler Sabtu, (11/11).

Hal itu juga merupakan langkah kebijakan Pj Bupati yang sebelumnya telah menjajaki kerja sama dengan Pemkab Probolinggo beberapa waktu lalu. 

Langkah ini diketahui dilakukan semata hanya untuk menekan harga bawang yang terlampau tinggi sekaligus mencegah inflasi di Kabupaten berjuluk Pamahanu Nusa itu.

"Sesuai MOU yang dikirim sebanyak 30 ton bawang merah. Namun secara bertahap untuk kloter pertama pada hari ini 15 ton dulu dan kemudian tahap kedua 15 ton lagi ," ucap Taufik.

Pihaknya bersyukur bawang merah Kabupaten Probolinggo menjadi pilihan wilayah di luar daerah karena memang kualitasnya yang super.

"Tentu ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus menunjukkan hasil maksimal mengingat Kabupaten Probolinggo merupakan daerah dengan potensi di pertanian," tambahnya.

Pihaknya juga berharap agar para petani di Kabupaten Probolinggo, khususnya bawang merah untuk terus menjaga kualitas bawang merahnya.

Perlu diketahui, ada perbedaan harga bawang merah di Kabupaten Probolinggo, untuk kualitas super Rp 19 ribu per kilogram di Maluku Tengah seharga 28 ribu per kilogram. (*)

Pewarta : Rahmad Soleh 

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow