Ratusan Peserta Ikuti Kejuaraan Nasional Menembak Pangdivif 2 Cup 2023 Selama 3 Hari

Diselenggarakan kejuaraan tersebut bertujuan sebagai bentuk pembinaan bagi para atlet untuk meningkatkan kemampuan dan ketangkasan dalam menggunakan senjata secara profesional khususnya atlet petembak

11 Nov 2023 - 22:15
Ratusan Peserta Ikuti Kejuaraan Nasional Menembak Pangdivif 2 Cup 2023 Selama 3 Hari
Persiapan beberapa peserta Kejuaraan Nasional Menembak Pangdivif 2 Cup.

Kabuapaten Malang, SJP — Divisi Kostrad yang berada di Singosari Kabupaten Malang adakan Kejuaraan Nasional Menembak Pangdivif 2 Cup.

Kejuaraan kali ini merupakan kejuaraan yang telah dilaksanakan ketiga kalinya di Divif (Divisi Infanteri) 2 kostrad.

Agenda kali ini diselenggarakan masih dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, HUT Ke-78 TNI dan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023 serta hari pahlawan.

Pendiv (penerangan Divisi) Jatmiko mengatakan bahwa Satuan Divif 2 Kostrad, menyelenggarakan Kejuaraan Nasional selama 3 hari dimulai pada hari Jumat tanggal 10 hingga 12 November 2023 esok.

Agenda ini bakal dilaksanakan di beberapa venue yang diantaranya Hutan Konservasi Wilayah Jawa Timur.

"Agendanya ada di lapangan Tembak Bedali Lawang, Indoor Divif 2 Kostrad serta Lapangan Tembak Vicadha Shooting Range Divif 2 Kostrad Singosari," tuturnya Sabtu, 11/11/2023.

Menurutnya, diselenggarakan kejuaraan tersebut bertujuan sebagai bentuk pembinaan bagi para atlet untuk meningkatkan kemampuan dan ketangkasan dalam menggunakan senjata secara profesional khususnya atlet petembak.

Agenda ini juga menjadi ajang silaturahmi antar atlit tembak, melalui event ini diharapkan dapat menjadi wadah dalam menemukan bibit atlet menembak yang berpotensial untuk disiapkan pada event yang lebih besar lagi kedepannya.

Ia menjelaskan juga bahwa kompetisi ini dibagi dalam beberapa materi lomba diantaranya, materi berburu online, materi duelling plate, materi HPR, materi AA IPSC juga materi senapan angin yang diikuti ratusan peserta.

"Jadi kegiatan ini diikuti oleh 651 peserta, diantaranya dari kalangan TNI-Polri, masyarakat umum ada juga pelajar, dari berbagai macam kategori" terangnya.

Sebelum agenda lomba dilaksanakan, Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Haryanto menyampaikan bahwa Olahraga menembak adalah olahraga untuk menguji kemahiran dalam akurasi dan kecepatan.

Tentunya pihaknya bakal melibatkan berbagai instansi seperti Organisasi Perbakin (Persatuan Menembak Indonesia) yang menaungi, membimbing, mengkoordinir, mengawasi perkumpulan serta mewadahi organisasi bidang menembak di seluruh Indonesia.

Menurutnya, Divif 2 Kostrad bakal mendukung upaya peningkatan prestasi olahraga menembak, sebagai upaya mengapresiasi olah raga dan atletnya.

Untuk itulah gelaran kejuaraan menembak tersebut dilaksanakan, dimana pihaknya menyediakan memfasilitasi olahraga menembak secara legal.

Diakhir amanatnya, Haryanto menaruh harapan besar kepada seluruh peserta lomba agar dalam setiap kegiatan selalu memperhatikan faktor keamanan dan menjunjung tinggi sportivitas.

“Tampillah dengan tujuan meraih prestasi terbaik melalui perjuangan yang gigih dan tidak mengenal menyerah layaknya kesatria”, pungkasnya.

Resmi dibuka Haryanto, sebelum Kegiatan Kejuaraan Nasional Menembak Pangdivif 2 Cup dilaksanakan, secara simbolis ia awali dengan melepaskan satu kali tembakan menggunakan pistol secara terarah dan tepat menembak jatuh plate.

Turut hadir dalam pembukaan kejuaraan lomba yakni Pangdam V/Brawijaya, Pangkoarmada II, Kapolda Jawa Timur, Kasdivif 2 Kostrad, Irdivif 2 Kostrad, Danlanud Abd. Saleh, para Asisten Kasdivif 2 Kostrad dan para Irut It Divif 2 Kostrad, Forkopimda Kab. Malang, Kota Malang dan Kota Batu, Ketua KONI Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu, Ketua Perbakin Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow