SIG Pabrik Tuban Gelar Security Fire Fighter Training

Pasukan keamanan perusahaan di PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban mengikuti Security Fire Fighter Training 2023, diberikan materi mengenai regulasi dan prosedur tanggap darurat. Selain itu juga diberikan materi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K).

10 Nov 2023 - 12:00
SIG Pabrik Tuban Gelar Security Fire Fighter Training
Satuan Pengamanan (Satpam) Security PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban mengikuti Security Fire Fighter Training ( Foto : Dok/Atmo/SJP)

Kabupaten Tuban , SJP - Sebanyak 60 anggota Satuan Pengamanan (Satpam) atau Security yang bertugas di PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban mengikuti Security Fire Fighter Training 2023.

Kegiatan yang melibatkan unit Keselamatan Kerja Tuban dan Unit Security tersebut dilaksanakan di Kantor Pusat Semen Gresik (KPSG) Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Kamis (9/11/2023) kemarin 

Pada pelatihan tersebut, pasukan keamanan perusahaan tersebut diberikan materi mengenai regulasi dan prosedur tanggap darurat. Selain itu juga diberikan materi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K).

Serta, pengenalan dan teknik penanggulangan kebakaran menggunakan alat pemadam api ringan (Apar), karung, maupun dengan metode penyemprotan air dari kendaraan pemadam kebakaran. Selain itu, para Satpam juga diajarkan cara memadamkan api saat kebocoran gas pada LPG. Peserta juga melakukan praktik secara langsung untuk memadamkan api.

Dalam penangulangan bencana tidak bisa dilakukan oleh Unit Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) saja. Namun, juga melibatkan semua pihak termasuk petugas keamanan, terang Manager of Tuban Safety, Jatmiko.

Dia berharap setelah pelatihan ini petugas keamanan dapat mengerti serta memahami mengenai prosedur dan tindakan yang tepat jika terjadi bencana kebakaran maupun kebocoran gas LPG.

"Dan yang terpenting dapat melakukan pencegahan terjadinya bencana kebakaran. Dan kami juga berharap para Security ini dapat menularkan kepada siapapun pengetahuan penanganan bencana ini," tandasnya.

Sementara itu, Senior Manager of Corporate Communication PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban, Setiawan Prasetyo menyampaikan, kegiatan pelatihan ini merupakan upaya antisipasi bencana.

"Jadi apabila Security menemukan kebakaran atau bencana yang tidak diinginkan lainnya perusahaan telah melakukan langkah antisipasi dalam menangulangi bencana," ujarnya yang berharap para Security yang telah mengikuti pelatihan ini dapat mengaplikasikan apa yang mereka dapat dari fire fighter training ini secara tepat. (*) 

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow