Semarak Imlek di Stasiun Daop 8 Surabaya dan Kenaikan Volume Penumpang

Tandai jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2575 atau Tahun Shio Naga Kayu pada 10 Februari 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya mencatat adanya kenaikan lonjakan penumpang, Senin (5/2).

05 Feb 2024 - 17:45
Semarak Imlek di Stasiun Daop 8 Surabaya dan Kenaikan Volume Penumpang
Ornamen hiasan jelang perayaan tahun baru imlek berupa lampion terpampang di ruang tunggu wilayah KAI Daop 8, stasiun Gubeng Surabaya. (Foto: Jefri Yulianto/SJP)
Semarak Imlek di Stasiun Daop 8 Surabaya dan Kenaikan Volume Penumpang
Semarak Imlek di Stasiun Daop 8 Surabaya dan Kenaikan Volume Penumpang
Semarak Imlek di Stasiun Daop 8 Surabaya dan Kenaikan Volume Penumpang

Surabaya, SJP – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2575 atau Tahun Shio Naga Kayu pada 10 Februari 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya mencatat adanya kenaikan lonjakan penumpang, Senin (5/2).

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan bahwa untuk memeriahkan perayaan Imlek, pihaknya telah memasang dekorasi dan ornamen khas Imlek di berbagai stasiun wilayah Daop 8 Surabaya, seperti Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Malang.

“Pemasangan hiasan Imlek ini bertujuan agar pelanggan dapat merasakan nuansa Imlek saat berada di stasiun, serta menciptakan atmosfer penuh warna dan kegembiraan,” ujar Luqman pada Senin (5/2).

Hiasan yang dipasang meliputi lampion, ornamen naga, gapura, dan berbagai hiasan lainnya. Luqman menambahkan bahwa pemasangan dekorasi Imlek ini merupakan upaya KAI untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan turut memeriahkan Tahun Baru Imlek.

"Kebetulan saya lewat melihat ada hiasan ornamen di stasiun ini cukup bagus ya, jadi tambah semarak tahun baru imlek juga bisa dinikmati meski hanya bentuk ornamen dan hiasan bisa buat berfoto ke keluarga dan teman lewat sosial media buat upadate," aku siskawati, penumpang di stasiun Gubeng, Surabaya.

Estimasi Lonjakan Volume Penumpang

Berdasarkan data pada Senin (5/2), KAI Daop 8 mencatat pemesanan tiket untuk periode Rabu (7/2) hingga Minggu (11/2) mencapai 61.242 pelanggan. Berikut adalah rinciannya:

•7 Februari: 15.179 pelanggan

•8 Februari: 14.810 pelanggan

•9 Februari: 8.966 pelanggan

•10 Februari: 9.722 pelanggan

•11 Februari: 12.565 pelanggan

Jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah karena pemesanan tiket masih berlangsung secara online. Mayoritas penumpang yang berangkat dari Daop 8 tujuan ke Kota Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember, dan Banyuwangi.

Sedangkan kereta api keberangkatan Daop 8 yang paling banyak dipesan yaitu KA Airlangga, KA Probowangi, KA Tawangalun, KA Sritanjung, dan KA Argo Wilis.

Luqman mengimbau bagi masyarakat yang ingin memesan tiket KA jarak jauh dan menemukan tanggal atau KA yang diinginkan telah habis, dapat menggunakan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi KAI Access.

“Fitur ini akan mengkombinasikan jadwal kereta yang bersifat pesambungan KA jarak jauh, sehingga menjadi pilihan bagi masyarakat yang akan menggunakan KA jarak jauh keberangkatan dari Daop 8 Surabaya,” tambahnya.

“KAI Daop 8 berkomitmen melayani pelanggan sebaik mungkin pada masa libur peringatan Hari Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, nyaman, dan berkesan,” tutup Luqman. (*)

Editor: Tri Sukma 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow