Ratusan Personil Dikerahkan Dalam Operasi Lilin Semeru 2023

Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel dan sarana prasarana sehingga pengamanan Nataru dapat berjalan optimal.

21 Dec 2023 - 19:45
Ratusan Personil Dikerahkan Dalam Operasi Lilin Semeru 2023
Apel Gelar Pasukan Opersi Lilin 2023 Polres Kediri Kota (Foto : Wawan/sjp)

Kota Kediri, SJP - Polres Kediri Kota menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2023 dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru), di halaman Mapolres Kediri Kota, Kamis (21/12/2023).

Apel Gelar Pasukan ini dihadiri Forkopimda Kota Kediri, PJU dan Personel TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, BPBD, dinas kesehatan serta Saka Bhayangkara.

Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra mengatakan, apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel dan sarana prasarana sehingga pengamanan Nataru dapat berjalan optimal. Kapolres menekankan tiga point utama yang menjadi perhatian tim gabungan.

”Yakni terjaganya stabilitas harga pangan, kondisi Kamtibmas yang kondusif serta kelancaran arus mudik dan arus balik Nataru,” kata AKBP Tedy saat membacakan amanat Kapolri.

Dia menjelaskan dalam mewujudkan stabilitas harga pangan, Polri telah membentuk Satgas Pangan untuk memantau dan menjaga harga pangan agar tetap stabil.

”Upaya tersebut diwujudkan melalui kerjasama dengan Kementerian/ Lembaga terkait serta penegakan hukum terhadap para pelaku penimbunan, pengoplosan, pemalsuan, maupun tindak pidana dan pelanggaran lainnya terkait pangan,” ujarnya.

Sedangkan untuk menjaga kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif, Kapolres mengingatkan kepada seluruh personel Polres Kediri Kota serta anggota yang terlibat dalam pengamanan Operasi Lilin 2023 ini untuk mampu menekan angka kejahatan konvensional. Seperti curat, curas, curanmor, copet, bius, hipnotis, dan pencurian rumah kosong melalui peningkatan kegiatan pre-emtif, preventif, dan represif.

”Berikan atensi penuh pada titik rawan kecelakaan dan rawan macet, terutama pada puncak arus mudik yakni H-2 Natal 2023 dan tahun baru 2024. Dan untuk puncak arus balik pada H+5 Natal 2023 dan Tahun baru 2024,” sambung Teddy.

Untuk mengantisipasi kerawanan tersebut Polres Kediri Kota dan tim gabungan akan menempatkan beberapa pos utama dan pos persinggahan sementara.Yakni pos pelayanan di simpang empat Alun-alun, serta 7 pos Pam yang tersebar di jalan jalan protokol serta depan gereja yang melaksanakan misa serta Ibadah Natal.

Sementara untuk Gereja yang akan diamankan pada saat perayaan Natal 2023 seluruh gereja di daerah hukum Polres Kediri Kota termasuk 8 gereja besar.

Tim gabungan juga akan mengamankan lokasi yang menjadi pusat keramaian baik Mall maupun pusat perbelanjaan sertta saat malam pergantian tahun seperti Alun-alun, bundaran sekartaji, jalan proyek bandara serta jalan jalan protokol.

Adapun Operasi ini berlangsung selama 12 hari mulai 21 Desember 2023 sampai 3 Januari 2024. (*)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow