Rampung, Jembatan Kaca Seruni Point Bakal Diresmikan Jokowi

Rencananya, awal dibuka, pengunjung akan dibatasi secara bertahap. Sekitar 30-50 persen dari kapasitas daya tampung.

14 Dec 2023 - 20:30
Rampung, Jembatan Kaca Seruni Point Bakal Diresmikan Jokowi
Jembatan Kaca Seruni Point di Bromo, bakal diresmikan Januari 2024 mendatang. (FOTO: Instagram @/endlessprobolinggo)

Kabupaten Probolinggo, SJP – Dipastikan rampung Januari 2024, Jembatan Kaca Seruni Point di Bromo, bakal segera dibuka.

Peresmian sekaligus pembukaan destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo itu, bakal dilakukan Presiden Joko Widodo.

Kepastian itu disampaikan oleh Konsultan Individu dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Ary Munandar.

Saat ini, proses pembangunan rest area di pintu masuk dan keluar jembatan kaca, sudah rampung. Jembatan kaca Seruni Point pun semakin cantik dan siap dinikmati.

“Walau sudah rampung, peresmian tetap ada di kewenangan pemerintah pusat,” katanya, Kamis (14/12/2023).

Sementara itu, Pemkab Probolinggo melalui laman instagramnya, @/endlessprobolinggo menuliskan, Kamis siang, Kementerian PUPR menggelar sosialisasi dan uji coba operasional jembatan kaca seruni point Bromo.

Sosialisasi dan uji coba ini diikuti oleh para pejabat dari Kementerian PUPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemkab Probolinggo.

Turut hadir pula perwakilan paguyuban masyarakat dan pelaku usaha di sekitar kawasan Bromo dan perwakilan tokoh adat setempat.

“Rencananya, Jembatan Kaca Seruni Poin Bromo akan dibuka untuk umum setelah diresmikan penggunaannya oleh Presiden RI, Joko Widodo. Untuk waktu peresmian direncanakan bulan Januari 2024 menyesuaikan agenda Presiden Joko Widodo,” tulis pemkab dalam unggahannya.

Rencananya, awal dibuka, pengunjung akan dibatasi secara bertahap. Sekitar 30-50 persen dari kapasitas daya tampung. Pengunjung akan diatur untuk tidak melebihi 30 menit di atas jembatan.

Jembatan kaca Seruni Point Bromo berada di Dusun Seruni, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Memiliki panjang 120 meter dan lebar 1,8 meter pada bagian utama.

Dilengkapi dengan kaca pengaman berlapis (laminated glass) dengan ketebalan 25,55 milimeter. Juga double protection steel, agar lebih tahan terhadap karat.

Animo masyarakat terhadap jembatan kaca seruni point ini sangat tinggi. Beberapa kali, wisatawan ada yang datang ke lokasi. Berharap jembatan kaca segera dibuka. (**)

Editor: Rizqi Ardian 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow