Program OPIP Babat Habis Afur di Kencong, Kabupaten Jember

PU Bina Marga Sumber Daya Air Kabupaten Jember bersihkan afur selebar 1,5 meter untuk normalisasi sungai

04 Dec 2023 - 13:45
Program OPIP Babat Habis Afur di Kencong, Kabupaten Jember
OPIP Dinas Sumber Daya Air Kabupaten Jember Yang berada di Kecamatan Kencong.(Ulum/SJP)

Kabupaten Jember SJP - PU Bina Marga Sumber Daya Air Kabupaten Jember normalisasi kurang lebih 20 KM Afur Fax yang melintasi Desa Kraton dan Cakru, Kecamatan Kencong serta Desa Padomasan, Kecamatan Balung, kabupaten Jember.

Gunakan alat berat, afur selebar 1,5 meter tersebut dibersihkan dari beberapa sumbatan yang terjadi akibat lumpur atau sampah yang tidak bisa terbawa ke hulu saat musim kering.

Akibatnya, jika tidak dilakukan normalisasi akan berakibat sangat fatal.salah satunya yaitu terjadi sumbatan dan terjadi embungan dan berakibat banjir.

Dampak buruknya yaitu, persawahan di wilayah tersebut bisa terendam dan bisa mematikan palawija yang sedang ditanam petani.

"Ini merupakan program OPIP,(Operasi Pemeliharaan Irigasi Partisipatif) yang dilakukan oleh Dinas PU Bina Marga Sumber Daya air.Kami menurunkan alat berat, dan selanjutnya berkoordinasi dengan desa masing masing, mana saja lokasi yang memang perlu dinormalisasi," kata Umar Basar, Koordinator PU Bina Marga Sumber Daya Air Wilayah Kecamatan Kencong pada, Senin (04/12/2023)

Ia juga jelaskan kegiatan ini guna untuk pengairan sawah dengan baik, juga untuk antisipasi banjir dan genangan yang bisa membuat fatal di pertanian jika tidak segera dilakukan.

Agus Priyanto, selaku kepala desa Kraton, Kecamatan Kencong mengaku senang dengan kegiatan ini. 

Saat dikonfirmasi, Agus berujar Afur di wilayah desanya yang notabene kurang bagus dan sudah tertimbun lumpur jalurnya kembali normal.

"Kegiatan ini cukup luar biasa, karena selain untuk pengairan sawah bagus juga untuk mencegah luberan akibat musim hujan yang sudah mulai datang seperti bulan ini," jelasnya.(*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow