Pesan Basarah Dalam Semarak Pentas Seni Bantengan di Karangploso Malang

Bantengan adalah seni budaya Indonesia yang mengedepankan gotong royong, serta kerjasama yang baik antar personil

11 Dec 2023 - 17:15
Pesan Basarah Dalam Semarak Pentas Seni Bantengan di Karangploso Malang
Wakil Ketua MPR RI, Dr Ahmad Basarah ingatkan pentingnya pelestarian seni budaya. Dalam agenda Pentas Seni Bantengan di Rest Area Karangploso Kabupaten Malang, Ahad, (10/12/2023).

Kabupaten Malang, SJP - Wakil Ketua MPR RI Dr Ahmad Basarah ingatkan pentingnya pelestarian seni budaya untuk pendidikan penguatan empat pilar, khususnya bagi generasi muda. 

Hal itu diungkapkan Basarah kala menghadiri pagelaran seni budaya di Rest Area Karangploso Kabupaten Malang, Ahad (10/12/2023) kemarin. 

Menurutnya, bantengan yang dihadiri 200 pegiat seni bantengan tersebut patut dilestarikan, dijaga, serta dipelihara untuk seluruh elemen masyarakat khususnya kawula muda. 

"Seni bantengan ini adalah anak-anak muda, anak-anak generasi milenial, yang artinya budaya seni leluhur kita diwariskan kepada generasi muda bangsa Indonesia," ucap Basara.

Ia pun menyatakan bahwa, bantengan adalah seni budaya Indonesia yang mengedepankan gotong royong, serta kerjasama yang baik antar personil.

Menjelang Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif, lanjut Basarah, bahwa tanggal 14 Februari mendatang, seluruh warga pelaku seni bantengan harus tetap menjaga kesopanan, kekeluargaan juga persaudaraan sesama bangsa Indonesia.

Ditambahkan Basarah, pentas seni budaya merupakan salah satu cara untuk menyalurkan pesan-pesan dalam empat pilar berbangsa dan bernegara. 

Oleh karenanya MPR RI ikut andil melestarikan nilai-nilai budaya bangsa, yang harus terus dipelihara sebagai bagian dari jatidiri bangsa.

"Kami senang ternyata generasi muda banyak menjadi pelaku seni dalam bantengan, artinya kita tidak perlu khawatir bahwa seni bantengan ini suatu saat akan punah, karena regenerasi bagi generasi saat ini terbukti diikuti, jadi bagian budaya yang mereka lanjutkan, kemudian juga ada seni-seni budaya yang lainnya seperti bantengan saat ini," tukasnya.

Tak lupa, Basarah mengajak masyarakat, senantiasa bergembira pada masa kampanye Pemilu kali ini, salah satunya lewat pentas seni bantengan yang dilaksanakan di Karangploso tersebut. 

"Kami mengajak masyarakat di Malang Raya melalui bantengan ini untuk bergembira di masa kampanye ini, karena Pemilu ini pesta demokrasi rakyat, maka hatinya rakyat harus dibuat gembira perasaan rakyat harus dibuat senang, dan kalau sudah gembira ataupun senang maka akan bersatu, dan persatuan ini menjadi kata kunci kita agar Pemilu serentak 2024 yang akan datang sukses, lancar, damai, aman menghasilkan pemimpin yang amanah bagi bangsa Indonesia," terangnya.

Semarak bantengan itu, Basarah berkesempatan membagikan doorprize bagi setiap personel bantengan yang mampu menjawab pertanyaan dari dirinya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Abdul Qodir menyampaikan, kehadiran Basarah di tengah-tengah masyarakat Karangploso serta para penggiat seni budaya merupakan suatu bentuk apresiasi dari Wakil Ketua MPR RI.

Tentunya, apa yang dilakukannya menjadi nilai kepercayaan tersendiri, khususnya kala mengomandoi kegiatan tersebut.

"Pastinya satu kebanggaan, sudah diberi kepercayaan sebagai ketua panitia pelaksana kegiatan oleh beliau sebagai Wakil Ketua MPR RI. Bersyukur kami bisa jalankan tugas tersebut dengan penuh tanggung jawab," ucap Abdul Qadir 

Abdul Qodir yang juga Caleg DPRD Kabupaten Malang nomor urut 1 Dapil 5 (Wagir, Dau, Karangploso, Pujon, Ngantang, Kasembon) dari PDI Perjuangan tersebut mengisahkan, bahwa suksesnya kegiatan tersebut menyisakan pengalaman dan tantangan yang asyik.

Hal itu mengingatkannya bahwa tanggung jawab sebagai pelaksana oleh Basarah berselang 3 hari dari tanggal kegiatan.

"Pelaksanaannya tanggal 10 Desember dan tanggal 8 saya diamanahi tugas menyiapkan kegiatan tersebut, jadi kalau dihitung hanya dua hari waktu efektif kerjanya. Tapi beruntung, teman-teman kita banyak yang membantu, dan alhamdulillah berkat teamwork yang memang sudah terbentuk, akhirnya kita berhasil melaksanakan kegiatan beliau, dengan sukses," kenang Abdul Qadir.

Bahkan menurutnya kegiatan seni itu, di luar ekspetasi, sebab begitu besar animo masyarakat yang hadir.

"Sampai puluhan ribu masyarakat tumplek blek di tempat tersebut," pungkas Abdul Qadir.

Turut hadir dalam pagelaran seni budaya tersebut yakni, Bupati Malang HM Sanusi, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi, Ketua Pengurus GM FKPPI Jatim Ir R Agoes Soerjanto, Ketua Panitia Penyelenggara Abdul Qodir serta seluruh peserta pelaku seni bantengan di wilayah Karangploso. (**)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow