Peringatan Maulid, Warga Berebut Koin Jutaan Rupiah

Selain sebagai kegiatan rutin, kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat kesehatan, rejeki, dan segala nikmat dari Alloh SWT.

28 Sep 2023 - 22:00
Peringatan Maulid, Warga Berebut Koin Jutaan Rupiah
Warga Desa Kedondong berebut koin dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kamis (28/9/2023)

Kabupaten Madiun, SJP - Rebutan uang koin senilai puluhan juta rupiah, menjadi puncak acara udikan yang diselenggarakan warga Desa Kedondong, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Kamis (28/9/2023).

Acara ini dilaksanakan di rumah sesepuh desa, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dijelaskan Sudarmoko, salah seorang tokoh desa setempat, kegiatan udikan ini sudah dilaksanakan sejak nenek moyangnya secara turun temurun.

"Secara turun temurun kegiatan ini dilaksanakan. Biasanya kegiatan sudah dimulai sejak masuk bulan Mulud (Jawa) atau bulan Rabbiul Awal (kalender Hijriyah). mulai dari kesenian Gembrung untuk mengiringi Sholawat, lalu rebutan jajan pasar, dan rebutan uang koin," jelasnya.

Kata Sudarmoko, selain sebagai kegiatan rutin, kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat kesehatan, rejeki, dan segala nikmat dari Allah SWT.

"Sebagai ungkapan syukur, dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. jadi kita senang dan cinta Nabi Muhammad, kita peringati hari kelahiran Nabi Muhammad, semoga kita mendapat safa'at Nabi Muhammad nanti dihari akhir," lanjutnya.

Sedangkan uang koin tersebut, dikumpulkan dari warga sekitar, yang jumlahnya mencapai puluhan juta rupiah.

"Dari dulu tradisinya yang dipakai adalah uang koin. Jadi ya kita pertahankan tradisi menggunakan uang koin itu. rata rata warga ada yang setor satu hingga dua juta lebih uang koin, kemudian kita jadikan satu," tambahnya.

Salah seorang warga, Dewi mengatakan, tradisi udikan atau memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, atau yang dikenal warga dengan istilah Muludan ini, selalu ditunggu setiap tahunnya.

"Setiap tahun selalu ditunggu tradisi ini. ya setiap tahun selalu mengikuti, biar dapat berkah," katanya.

Warga berharap, kegiatan ini bisa dikemas lebih meriah lagi, hingga menjadi potensi wisata untuk Kabupaten Madiun. (*)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow