Penyaluran Bansos Semarakkan Ramadan di Lamongan

Peringati Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lamongan ke 52, PKK Kabupaten Lamongan salurkan bantuan sosial kepada seluruh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang ada di Kabupaten Lamongan.

02 Apr 2024 - 20:45
Penyaluran Bansos Semarakkan Ramadan di Lamongan
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat hadiri penyerahkan bantuan Sosial kepada LKSA di Kabupaten Lamongan ( Foto : Dok / Atma / SJP)

Kabupaten Lamongan, SJP - Menyerahkan bantuan secara langsung kepada Ketua Forum LKSA Lamongan Nadzir, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan bahwa sesuai dengan UU pasal 34 ayat 1, fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara. 

Seperti, penyerahan bantuan yang dilakukan, di Pendopo Lokatantra Lamongan hari ini menjadi sebuah kewajiban, terlebih di bulan Ramadan yang penuh berkah.

“Penyaluran bantuan kepada anak yatim tentu menjadi prioritas Pemkab Lamongan, karena sesuai dengan aturannya bahwa anak yatim dan fakir miskin menjadi tanggung jawab pemerintah,” tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Bentuk dukungan kepada anak yatim di Lamongan juga diberikan melalui APBD setiap tahunnya, bantuan tersebut berupa uang yang jumlahnya ialah 150 ribu rupiah/bulan.

Di Lamongan sendiri ada 2.672 anak yatim yang dinaungi dalam 40 LKSA. Dalam setiap bulannya seluruh anak yatim juga menerima bantuan dari Kementerian Sosial sebesar 200 ribu rupiah/anak.

Dijelaskan oleh Ketua Forum LKSA Lamongan Nadzir, ada 18 LKSA Lamongan yang sudah berhasil berpredikat A, 19 LKSA berpredikat B, dan 3 LKSA masih berpredikat C.

Capaian tersebut menunjukkan bahwa LKSA di Lamongan telah memenuhi standar program, proses layanan, manajemen, sumber daya manusia, sarana prasaranan, dan hasil layanan.

“Saya ucakan terimakasih kepada Ketua LKSA masing-masing yang telah berkontribusi dalam LKSA sehingga menjadikan LKSA Lamongan memenuhi standar nasional,” kata Nadzir, Selasa (2/4/2024)

Selanjutnya Nadzir menerangkan bahwa dana yang dipergunakan LKSA Lamongan 70 persen dari APBD, ZIS (zakat, infaq, shodaqoh), dan lainnya berasal dari lembaga usaha milik LKSA.

Berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lamongan, pagi ini masing-masing LKSA Lamongan menerima bantuan sosial berupa uang tunai 5,5 juta rupiah, beras 50 kg, mi instan 2 karton, minyak goreng 1 karton, dan 5 kitab suci Al Quran.

“Terima kasih atas kerja sama yang diinisiasi oleh PKK, Alhamdulillah tahun ini jumlah bantuannya meningkat namun belum bisa dikatakan signifikan. Namun akan terus kami usahakan agar selalu ada peningkatan,” ungkap Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Lamongan Bambang Eko.

Bambang Eko menyampaikan tahun ini Baznas Lamongan berhasil mengumpulkan 6,48 Miliar. Dari capaian tersebut 92,5 persen berasal dari ASN di Lamongan. (*)

Editor: Rizqi Ardian 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow