Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Wali Kota Malang Launching Tower Tugu Tirta

10 titik SPAM yang dibangun Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. SPAM Sawojajar sendiri memiliki kapasitas 1000 meter kubik dengan kapasitas produksi hingga 40 liter per second (lps). Berdirinya SPAM Swojajar merupakan jawaban untuk mengatasi keterbatasan air baku di Kota Malang. 

20 Sep 2023 - 15:30
Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Wali Kota Malang Launching Tower Tugu Tirta
Wali Kota Malang, Sutiaji (Berpeci) saat melaunching Tower Tugu Tirta (Foto : Toski/SJP)

Kota Malang, SJP - Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Malang tentang air bersih, Wali Kota Malang Sutiaji melaunching atau meresmikan Tower Tugu Tirta, Rabu (20/9/2023).

Launching Tower Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) tersebut sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam menunjang penyaluran air bersih bagi masyarakat.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas mengatakan, dengan adanya SPAM ini diharapkan dapat menunjang keberadaan sumber dan reservoir yang sudah lebih dulu ada. Sehingga layanan ke pelanggan akan menjadi semakin stabil. 

Sejak tahun 2019 lalu, terdapat 10 titik SPAM yang dibangun Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. Di antaranya, SPAM Betek, Tlogomas, Tasikmadu, Joyoagung, Tidar, Mulyorejo, Pisangcandi, Kebonsari, Sawojajar dan Merjosari yang segera tuntas. 

“Kita resmikan semua SPAM tetapi yang kita tanda tangani di Tower SPAM 2 di area kantor Perumda Air Minum Tugu Tirta ini,” ungkapnya. 

Secara simbolis, peluncuran SPAM di Kota Malang akan dilakukan di SPAM Sawojajar yang juga disebut Tower Tugu Tirta.

Peluncuran itu juga ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian Tower Tugu Tirta SPAM Kota Malang yang dilakukan oleh orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang itu. 

“Secara filosofis, peresmian ini sebagai penanda pada masyarakat Malang bahwa kami sebagai kepanjangan tangan Pak Wali yang punya political will untuk bisa memenuhi kebutuhan air minum warga. Political will itu ditunjukkan dengan pembangunan beberapa SPAM,” tegasnya.

Dengan adanya SPAM-SPAM yang tersebar di berbagai penjuru kota ini, lanjutnya, Muhlas berharap ke depan Kota Malang akan mencapai kemandirian penyediaan air bersih. 

“Harapannya, Malang ke depan tidak lagi kekurangan air dan ada kemandirian penyediaan air bersih,” urainya. 

Untuk SPAM di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang yang terletak di kawasan Sawojajar, hari ini Rabu (20/9/2023) akan segera diresmikan langsung oleh Wali Kota Malang Sutiaji yang juga bertindak sebagai Kuasa Pemilik Modal (KPM). 

SPAM Sawojajar sendiri memiliki kapasitas 1000 meter kubik dengan kapasitas produksi hingga 40 liter per second (lps). Berdirinya SPAM Swojajar merupakan jawaban untuk mengatasi keterbatasan air baku di Kota Malang. 

Selain itu, untuk kualitas produksinya, pihak Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang memastikan bahwa produksi air yang dilakukan sudah memenuhi syarat uji kualitas air minum sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 492 Tahun 2010. 

SPAM Sawojajar dengan menara ikoniknya yang bernama Tower Tugu Tirta ini ditargetkan dapat meningkatkan pelayanan dan suplai air kepada pelanggan yang berada di wilayah Kecamatan Kedungkandang. Utamanya di wilayah Sawojajar, Lesanpuro, Madyopuro, hingga Buring. 

Oleh karena itu, di kepemimpinan Wali Kota Malang Sutiaji yang juga selaku KPM dari Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang banyak program yang diluncurkan untuk menjawab tantangan dan mengatasi semua permasalahan yang ada.

Mulai dari pembangunan SPAM baru hingga Water Treatment Plant (WTP) Sungai Bango yang terletak di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. (*)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow