Pemkab Malang Raih IGA 2023 Kategori Kabupaten Paling Inovatif

Bupati Malang Sanusi ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam melakukan inovasi pembangunan

13 Dec 2023 - 06:00
Pemkab Malang Raih IGA 2023 Kategori Kabupaten Paling Inovatif
Pemkab Malang melalui Bupati Malang HM Sanusi raih Penghargaan IGA 2023 kategori Kabupaten Paling inovatif (Prokopim/SJP)

Jakarta, SJP — Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan kategori Kabupaten Sangat Inovatif kepada Kabupaten Malang.

Penghargaan bergengsi tersebut berhasil diraih kembali oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui ajang penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2023. 

Berlangsung di Gedung C Lt 3, Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat, Pemkab Malang hadir bersama 42 Kabupaten/Kota yang berasal dari berbagai penjuru Nusantara. 

Penghargaan Predikat sebagai Kabupaten sangat Inovatif saat itu, diserahkan oleh Nadia dari Universitas Indonesia kepada Bupati Malang H Sanusi MM.

Untuk itu, Sanusi mengatakan rasa terimakasih atas apresiasi Pemerintah Pusat serta tak lupa ia juga ucapkan terimakasihnya kepada seluruh pihak khususnya Pemkab Malang dalam kontribusi inovasi dalam hal pembangunan daerah.

“Kami berterimakasih atas keberhasilan yang telah diraih Kabupaten Malang juga kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam melakukan inovasi pembangunan, sehingga pada kesempatan ini mendapatkan apresiasi kembali oleh Pemerintah Pusat," ucapnya, Selasa 12/12/2023.

Perlu diketahui bahwa penghargaan Pemerintah Daerah melalu IGA yang secara rutin dilaksanakan setiap Tahun oleh Kemendagri. 

Sebagai informasi IGA di tahun 2023 ini merupakan Penghargaan yang dilakukan sejak tahun 2007. 

Penghargaan tersebut juga merupakan trobosan yang dilakukan oleh pemerintah pusat untuk mendorong kompetisi dalam concern Inovasi antar pemerintah provinsi dan antar pemerintah Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

IGA juga merupakan wujud peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pembangunan, guna kesejahteraan rakyat.

Pemerintah pusat berharap melalui IGA, semakin banyak daerah dan lembaga pemerintahan yang terinspirasi untuk terus berinovasi serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Artinya, pemerintahan di seluruh Indonesia dapat terus bertransformasi menuju ke arah yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat dimasa mendatang. 

IGA juga berfungsi untuk mendorong penerapan good governance dan meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap proses-proses inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah. 

Event ini ada, guna memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang berhasil terapkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah secara transparan. 

Khususnya untuk meningkatkan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat serta daya tarik daerah.

Sanusi mengatakan bahwa bersama Pemkab Malang berkomitmen untuk terus mempertahankan serta meningkatkan capaian yang telah diraih.

“Melalui prestasi ini, saya ingin memotivasi agar seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Malang agar terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat maupun dalam menjalankan tugas-tugas birokrasi,” pungkasnya saat dikonfirmasi melalui telepon oleh wartawan Suarajatimpost

Hadir dan turut mendampingi Sanusi, Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Aprija Wirawan Ssos MAP, serta Kepala Bagian Tata Pemerintahan Dr Dra Liswan Nobiyana Tulee ME.(*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow