P4S Pujon Kidul Bunda Ani Malang, Kembangkan Edukasi Entrepreneurship

Sukses itu jangan berpuas diri dan berhenti, namun terus memberikan atau menularkan pengalaman (sukses) kepada masyarakat.

23 Oct 2023 - 22:30
P4S Pujon Kidul Bunda Ani Malang, Kembangkan Edukasi Entrepreneurship
Amirul Muttaqin (kang Ilun) pemilik Pusat Olahan Susu Pujon Kidul (PuKid) sedang sosialisasi edukasi produk olahan (doc Pukid Pujon Kidul for SJP)

Kabupaten Malang, SJP - Tak hanya terkenal sebagai wisata kafe sawahnya di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Di kawasan tersebut juga telah mengembangkan sentra produk olahan susu yang bukan hanya berkembang secara ekonomi namun juga fokus terhadap edukasi literasi dalam mengembangkan bisnis.

Adalah Amirul Muttaqin pemilik Pusat Olahan Susu Pujon Kidul (PuKid) mengajak masyarakat baik dari masyarakat umum, siswa sekolah, mahasiswa juga UMKM untuk selalu berpikir kreatif, mandiri dan sukses bersama, hal itu selalu ia tanamkan dalam jiwa entrepreneurship atau berwirausaha.

Berada di Dusun Maron Desa Wisata Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Provinsi Jawa timur, sejak belasan tahun lalu ia bersama pasangannya terus mengembangkan bisnis olahan ini dengan gigih.

Dalam usaha bisnisnya tentu saja banyak pengalaman yang telah ia lalui, jika dihitung mungkin sudah belasan tahun bisnis tersebut ia kerjakan.

"Orang melihatnya suksesnya, padahal prosesnya 13 tahun mas," ucapnya kepada Suarajatimpost.com, Senin (23/10/2023) malam.

Pria yang biasa disapa Kang Ilun ini menjelaskan, beberapa waktu ini kesibukannya lebih kepada memberikan edukasi tentang cara berbisnis dan membuat olahan dari berbagai sumber daya alam di sekitar.

"Jarang di rumah, karena saya ngamen, maksudnya kita adakan sosialisasi, baik diundang atau inisiasi kami, mengenalkan bagaimana memulai wirausaha, motivasi, sharing, kami juga membuka ruang edukasi di tempat sederhana ini," terang Ilun.

Menurutnya, sukses itu jangan berpuas diri dan berhenti, namun terus memberikan atau menularkan pengalaman kepada masyarakat.

Di tempat usahanya ada ruang yang bisa menampung ratusan orang, sengaja ia sediakan untuk memberikan beberapa edukasi baik bagi instansi tingkat TK hingga perguruan tinggi.

P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya) Pukid Bunda Ani Pujon Kidul yang ia besarkan tersebut menawarkan beberapa paket wisata edukatif dari berbagai jenjang tersebut meliputi :

- Edukasi peternakan sapi
- Edukasi susu pasteurisasi
- Edukasi permen susu 

Untuk jenjang TK - SD

Kemudian ada edukasi UMKM dan peternakan sapi perah, dengan include Welcome drink susu dan materi praktek yakni :

- Edukasi stik susu
- Edukasi kuping gajah susu
- Edukasi susu pasteurisasi
- Edukasi yoghurt
- Edukasi carang mas apel
- Edukasi empon2 instan (jahe, temulawak,kunyit)
- Edukasi es krim susu
- Edukasi permen susu 

Untuk Jenjang SLTP - Perguruan Tinggi atau masyarakat umum.

Apabila pembaca tertarik dengan edukasi tersebut, bisa menghubungi nomor pemilik di Nomor 0857-3008-4767. (*)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow