Masa Kampanye Mulai, KPU Kota Malang Imbau Peserta Pemilu 2024 Patuhi PKPU

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas mengatakan, ada beberapa media yang dimanfaatkan oleh peserta Pemilu 2024 sesuai dengan aturan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

29 Nov 2023 - 12:45
Masa Kampanye Mulai, KPU Kota Malang Imbau Peserta Pemilu 2024 Patuhi PKPU
Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas (SJP)

Kota Malang, SJP - Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tinggal beberapa bulan lagi, bahkan genderang kampanye sudah dimulai sejak tanggal 28 November 2023 kemarin.

Kampanye tersebut meliputi para Calon Legislatif (Caleg), Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) dan dilakukan selama 75 hari ke depan atau di tanggal 10 Februari 2024 mendatang.

Meski begitu, para partai politik maupun tim kampanye capres-cawapres harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas katakan, ada beberapa media yang dimanfaatkan oleh peserta Pemilu 2024 sesuai dengan aturan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

"Sejauh ini, para parpol bisa berkampanye secara terbuka seperti door to door ke rumah warga. Tapi, harus mematuhi aturan PKPU, mana yang boleh dan tidak," ujarnya, Rabu (29/11/2023).

Aminah jelaskan, untuk jenis kampanye Pemilu 2024 seperti pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga kampanye di tempat umum, debat pasangan calon presiden dan wakil presiden, hingga kampanye di media sosial.

"Kalau media kampanye yang diizinkan melalui media elektronik, media cetak, radio dan televisi. Untuk aturan terkait dengan jadwal kampanye tersebut tertuang di dalam PKPU," tuturnya.

Aminah tambahkan, pihaknya juga telah buka pendaftaran tim kampanye capres-cawapres maupun caleg untuk berkampanye di wilayah Kota Malang.

"Tim kemenangan Pilpres dan tim suksesnya caleg berdatangan ke kantor. Itu sudah mulai dan setiap hari ada yang daftar dengan pendaftaran yang masuk secara bertahap," pungkasnya.(*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow