Magetan Jadi Lokasi Jambore Relawan dan Peluncuran Logo Hari Jadi ke-78 Jatim

Gubernur Khofifah juga mengapresiasi seluruh relawan di Jawa Timur yang rela menolong ketika saudara setanah air mengalami musibah. 

24 Sep 2023 - 11:00
Magetan Jadi Lokasi Jambore Relawan dan Peluncuran Logo Hari Jadi ke-78 Jatim
Jambore Relawan BPBD Jatim, Peluncuran Logo, dan Kickoff Hari Jadi ke-78 Jawa Timur, di Lapangan Desa Nguntoronadi, Kabupaten Magetan

Kabupaten Magetan, SJP - Desa Nguntoronadi, Kabupaten Magetan menjadi lokasi Jambore Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur. 

Tak hanya itu, desa yang berlokasi di sekitar lereng Gunung Lawu ini juga terpilih menjadi tempat peluncuran logo dan kickoff rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.

"Kickoff Hari Jadi ke-78 Jatim di tanah Magetan ini bukan bimsalabim, Allah SWT mendekatkan dengan tanah persemayaman Kanjeng Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo, gubernur pertama Jawa Timur," ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Sabtu (23/9/2023) malam.

Dikutip dari laman resmi kominfo.jatimprov.go.id, Gubernur Khofifah juga mengapresiasi seluruh relawan di Jawa Timur yang rela menolong ketika saudara setanah air mengalami musibah. 

"Nafas kita semua adalah nafas gotong royong. Para relawan Jawa Timur selalu saling tolong-menolong, saling ingin memberikan solusi terbaik bagi saudara kita yang tertimpa musibah. Maka hari ini saya mewakili masyarakat Jawa Timur menyampaikan terima kasih atas seluruh dedikasi yang luar biasa dari para relawan," tegasnya. 

Turut hadir dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono; Ketua Pelaksana BPBD Jawa Timur, Gatot Soebroto, Bupati Magetan, Suprawoto, beserta jajaran dari Pemerintah Provinsi Jatim.

Perlu diketahui, jambore relawan ini dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 22 hingga 24 September 2023. Lebih dari 1.000 relawan dari seluruh Jatim ikut serta. 

Kemarin di hari pertama, para peserta jambore ini menerima materi-materi edukasi relawan. Sementara di hari kedua, mereka menunjukkan aksi Paper Mob Bendera Merah Putih dan Optimis Jatim Bangkit. Rangkaian kegiatan jambore akan terus berlangsung hingga penutupan esok hari. 

Ada juga penyematan selempang secara simbolis kepada perwakilan Srikandi Siaga Bencana dan penyerahan hadiah Juara Lomba Desain Logo Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur oleh Gubernur Jatim. 

Selain itu, Gubernur Khofifah juga menyerahkan bibit tanaman kepada sembilan Kepala Desa dari Kecamatan Nguntoronadi. Setiap Desa diberikan lima jenis bibit tanaman dengan jumlah total 2.425 bibit tanaman.

Sebagai tambahan informasi, dalam jambore ini Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana Jawa Timur membuka tenda untuk coaching clinic Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). T

enda ini untuk berdiskusi, berlatih, maupun berbagi ilmu tentang SPAB yang berkaitan dengan bencana. Jambore relawan ini juga dimeriahkan hiburan musik, pesta rakyat, dan pameran UMKM setempat. 

Dalam laporannya, Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono menyebut tema Hari Jadi ke-78 Jawa Timur tahun 2023 adalah "Jatim Bangkit, Terus Melaju". 

"Tema ini diharapkan menguatkan sinergisitas kita dalam membangun Jawa Timur dan mengawal Indonesia untuk terus melaju," tuturnya. (**)

Editor : Noordin
Sumber : kominfo.jatimprov.go.id

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow