Logistik Pemilu Kota Batu, Dikirim H-1

Kebijakan pendistribusian logistik hari H-1 itu, disesuaikan dengan UU Nomor 7, bahwa tata kelola pendistribusian logistik Pemilu harus dilakukan hari H-1 dan pada masing-masing TPS logistik itu dijaga oleh dua orang linmas.

12 Dec 2023 - 19:45
Logistik Pemilu Kota Batu, Dikirim H-1
Ilustrasi penurunan kebutuhan TPS di KPU Kota Batu (ist)

Kota Batu, SJP - Proses pendistribusian logistik Pemilu serentak yang dijadwalkan pasa 14 Februari 2024 mendatang, akan didistribusikan satu hari sebelum pelaksanaan. Artinya, 611 TPS di Kota Batu nantinya akan mendapatkan pengiriman pada 13 Februari 2024. 

"Biasanya ada daerah hari H-1 masih di desa/kelurahan. Dengan alasan pengamanan lebih enak dijadikan satu di desa/kelurahan. Baru pagi harinya didistribusikan, nah sekarang hal ini tidak boleh. Hari H-1 logistik harus sudah di masing-masing TPS," kata Heru Joko Purwanto pada Selasa (12/12/2023).

Kebijakan pendistribusian logistik H-1 itu, disesuaikan dengan UU Nomor 7, bahwa tata kelola pendistribusian logistik Pemilu harus dilakukan hari H-1 dan pada masing-masing TPS logistik itu dijaga oleh dua orang Linmas. 

Pada tiap TPS nantinya akan memiliki tujuh KPPS dan dua Linmas, sedangkan apabila kondisinya rawan, maka tiap TPS akan dijaga satu polisi.

"Tapi karena di Batu bukan daerah rawan, maka biasanya satu polisi menjaga lima TPS," paparnya.

Dalam proses pendistribusian logistik itu, pihaknya juga menyiapkan empat armada truk. Satu truk diperkirakan bisa memuat 200 kotak suara dan apabila empat armada itu dirasa kurang, KPU Kota Batu akan menambah armada lagi.

"Namun biasanya kami melakukan proses distribusi sebanyak dua kali. Terlebih waktu pendistribusian sampai pukul 23.59 hari H-1," ujarnya.

Lebih lanjut, untuk TPS terpencil, terluar dan tersulit (3T), KPU Kota Batu menyiapkan cara tersendiri agar proses pendistribusian tidak telat, yakni TPS3T yang akan mendapatkan proses pendistribusian logistik lebih dulu. 

"TPS3T akan kami dahulukan. Setelah dari Gudang KPU, logistik akan didistribusikan ke desa/kelurahan. Kami akan arahkan pendistribusian ke 3T terlebih dahulu. Baru ke TPS yang dekat-dekat. Sehingga TPS yang lokasinya jauh tidak akan terlambat," tandasnya. (*)

Editor: Rizqi Ardian 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow