Lima Kandidat Terkuat Peraih Ballon d'Or 2023

Lionel Messi kandidat terkuat, Jude Bellingham kandidat termuda

29 Oct 2023 - 01:00
Lima Kandidat Terkuat Peraih Ballon d'Or 2023
Trofi Ballon d'Or 2023 jadi milik siapa? (Foto: twitter/ballondor)

Paris, SJP - Theatre du Chatelet di Paris akan menjadi ajang penghargaan Ballon d'Or 2023 yang sangat dinanti-nantikan pada Senin, (30/10/2023) pekan depan. 

Kandidat yang masuk dalam daftar terpilih memang pantas mendapatkan penghargaan ini. Tetapi, hanya lima kandidat yang menonjol dibandingkan kandidat lainnya.

Siapa saja mereka? 

1. Lionel Messi

Tahun ini, Lionel Messi diprediksi akan menambahkan koleksi piala Ballon d'Or ke delapan kalinya.  Ikon  tim nasional Argentina ini hanya gagal mencatatkan satu gol atau assist dalam pertandingan grup terakhir Argentina melawan Polandia saat Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Ia mencetak tujuh gol dan tiga assist sepanjang perjalanan menuju kejayaan Argentina, termasuk dua gol di final dan penalti klasik dalam adu penalti yang sangat menegangkan dengan hasil akhir 4-2. 

Messi mendapatkan Golden Ball dimana rekor ini menjadikannya pesepakbola dengan penghargaan yang sama lebih dari satu kali.

Menyusul penampilan cemerlang bersama Argentina di World Cup 2022, ia juga moncer bersama Paris Saint-Germain yang membawa klub meraih gelar Ligue 1 kedua berturut-turut. 

Ia berkontribusi 32 gol dalam dua pertandingan, dimana ia menyalip Cristiano Ronaldo untuk menjadi pencetak gol terbanyak di lima liga top Eropa.

Di Inter Miami, pemain berusia 36 tahun ini masih cemerlang di ajang Major League Soccer dengan kualitas serangan yang selalu bertubi-tubi, 

2. Erling Haaland

Pemain Manchester City, Erling Haaland, menjadi salah satu nama terfavorit  dari para pengamat bola. 

Kehadirannya di tim asuhan Pep Guardiola tersebut mampu mengatasi kesulitan mengimbangi Arsenal di puncak Liga Premier. 

Meski sempat dicibir banyak orang saat pindah dari Borussia Dortmund, ia bahkan membuktikan bahwa ia berhasil mencatatkan rekor 36 gol, mengalahkan Andy Cole dengan 34 gol dan Alan Shearer dengan 35 gol di Liga Premier. 

Pemain berusia 23 tahun ini menyabet penghargaan Pemain Terbaik FWA, Pemain Terbaik Liga Premier dan YoungPlayer of the Season dan Pemain Terbaik PFA, selain European Golden Shoe. 

3. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe mencetak 41 gol dalam 43 pertandingan bersama Paris Saint Germain. 

Ia juga dihadiahi Ligue 1 Golden Boot saat bermain cantik di tim asuhan Christophe Galtier  ini. 

Pemain berusia 24 tahun itu mencetak golnya yang ke-201 saat PSG unggul 4-2 atas Nantes. 

4.  Rodri

Potensi pemain berusia 27 tahun ini memang menjadi salah satu andalan Manchester City. 

Sejak ia bermain di Atletico Madrid, ia sudah terlihat moncer sehingga Manchester City tertari dengan mengeluarkan dana sekitar Rp 1 triliun untuk kepindahannya. 

Selain umpan tajamnya dan kontribusi pertahanan yang dapat diandalkan, Rodri juga selalu mengancam gawang lawan dengan gol jarak jauh. 

Musim lalu, ia mencatatkan empat gol dan tujuh assist dimana salah satu golnya menjebol gawang Inter Milan yang membawa The Citizens juara Liga Champions.

5. Jude Bellingham

Pemain Real Madrid ini juga berpotensi mendapatkan penghargaan Ballon d'Or 2023.  

Karir profesionalnya dimulai di Borussia Dortmund dimana ia menjadi kapten tim dua musim di Bundesliga. 

Prestasi menonjolnya adalah gol melawan Copenhagen, Manchester City, dan dua gol melawan Sevilla di ajang Liga Champions 2023-24. 

Ia menjadi remaja Inggris pertama yang mencetak gol dalam empat pertandingan Liga Champions berturut-turut. 

Rekor ini hanya disamai oleh Mbappe dan Haaland yang juga mencapai prestasi tersebut sebelum berusia 20 tahun. (**)

Pewarta: Kontri3
Editor: Ronny Wicak
Sumber: sportsmole

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow