KPU Jatim Mulai Rekapitulasi Suara Pemilu

Proses rekapitulasi dan penghitungan suara ini berlangsung dari tanggal 3 hingga 8 Maret 2024 di Shangrilla Hotel Surabaya. Pada hari pertama, rekapitulasi dilakukan untuk 6 kabupaten/kota, yaitu Bojonegoro, Tuban, Tulungagung, Blitar, dan Kediri.

03 Mar 2024 - 22:00
KPU Jatim Mulai Rekapitulasi Suara Pemilu
Layar monitor penghitungan rekapitulasi KPU Jatim masih berlangsung di hari pertama dengan 6 wilayah dapil untuk pilpres dan pileg pemiku 2024, ahad (3/3/2024) di hotel Shangrilla Surabaya. (Foto: Jefri Yulianto/SJP)
KPU Jatim Mulai Rekapitulasi Suara Pemilu

Surabaya, SJP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Nur Salam mengumumkan, bahwa rekapitulasi suara pemilu untuk pilihan presiden dan legislatif di Jawa Timur 2024 pada hari pertama mencapai 85 persen untuk Kabupaten Bojonegoro dan Tuban.

Proses rekapitulasi dan penghitungan suara ini berlangsung dari tanggal 3 hingga 8 Maret 2024 di Shangrilla Hotel Surabaya.

Salam katakan, pada hari pertama, rekapitulasi dilakukan untuk 6 kabupaten/kota, yaitu Bojonegoro, Tuban, Tulungagung, Blitar, dan Kediri.

"Alhamdulillah, prosesnya berjalan lancar tanpa keberatan dari saksi pasangan calon (paslon) maupun peserta pemilu lainnya," ujar Salam.

Meskipun terdapat beberapa catatan dari partai politik, KPU memastikan bahwa semua telah diperbaiki dan diselesaikan di tingkat kabupaten/kota masing-masing.

Selain itu, Salam mengungkap jika tingkat partisipasi pemilih di Bojonegoro dan Tuban mencapai 85 persen.

"Ini merupakan pencapaian luar biasa dan kemungkinan menjadi tingkat partisipasi terbaik pasca Reformasi," kata Salam.

Secara keseluruhan, rata-rata partisipasi pemilih di seluruh kabupaten/kota berkisar antara 82 hingga 85 persen .Angka final akan diukur setelah rekapitulasi di tingkat provinsi.

Selanjutnya, KPU akan terus melanjutkan rekapitulasi dan penghitungan suara untuk 38 kabupaten/kota lainnya.

Kabupaten/kota besar seperti Jember dan Surabaya diharapkan dapat menyelesaikan proses rekapitulasi dalam beberapa hari ke depan.

Laporan yang disampaikan dalam rekapitulasi tingkat provinsi juga mencakup informasi terkait pengulangan suara dan permasalahan yang terjadi di beberapa TPS.

Sementara proses rekapitulasi di setiap daerah memiliki dinamika masing-masing. KPU terus berupaya menyelesaikan proses rekapitulasi dengan teliti dan transparan.

"Masyarakat dapat memantau perkembangan rekapitulasi melalui website dan media sosial KPU Jawa Timur," kata Salam. (*)

Editor: Rizqi Ardian 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow