Kelurahan Songgokerto Berikan Pelayanan Sampai Malam Hari

Program Pelangi di Songgokerto hadir untuk warga yang punya aktivitas padat pagi hingga siang hari sehingga warga mudah mengurus administrasi di sore hari.

07 Dec 2023 - 15:15
Kelurahan Songgokerto Berikan Pelayanan Sampai Malam Hari
Pelayanan di Kelurahan Songgokerto (Arul/SJP)

Kota Batu, SJP - Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu berani mendobrak kebiasan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat yang biasanya dilakukan pada siang hari dan jam kerja.

Hal ini dibuktikan dengan diluncurkan program Pelayanan Administrasi Sampai Bengi (Pelangi) untuk memudahkan warga yang memiliki aktivitas penuh saat siang hari.

Lurah Songgokerto Arsyam Dian Ramadhan membenarkan hal tersebut ketika dikonfirmasi pada Kamis (7/12/2023).

"Sampai bengi disini artinya adalah pelayanan hingga malam hari. Menurut kami pelayanan pada masyarakat adalah tujuan dan ujung tombak sebuah pemerintahan, salah satunya berasa kantor kelurahan dan ini bentuk inovasi kami demi kemudahan kepada warga sekitar," ujarnya.

Program tersebut digagas lantaran warga di Songgokerto sendiri cenderung memiliki aktivitas yang padat pagi hingga siang hari.

Program Pelangi diluncurkan dengan kemudahan dalam mengurus administrasi mulai pukul 07.00 Wib hingga 19.30 WiB pada Senin-Kamis.

Sedangkan pada Jumat melakukan pelayanan seperti biasa yakni pada pukul 7.00 WIB sampai 14.00 WIB.

"Nah untuk administrasi yang bisa diurus antara lain surat keterangan usaha, surat keterangan kematian, keterangan kelahiran, KK, KTP, surat pindah, surat keterangan domisili, dan sebagainya. Semoga dengan adanya hal ini maka bisa membuat masyarakat sekitar untuk bolos kerja atau izin di hari kerja untuk mengurus kepentingan administrasi," imbuhnya.

Menanggapi itu, Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengaku sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Kelurahan Songgokerto.

"Kami berharap desa/kelurahan lain bisa berinovasi juga khususnya pada pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. inovasi dan kolaborasi ini bisa menjadi motivasi bagi desa/kelurahan lain dalam memberikan layanan kepada warga," tandasnya. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow