Kalah di EFL, Chelsea Wajib Melaju di Perempat Final Piala FA

Pasca kalah di final Piala EFL, pelatih Mauricio Pochettino tentu harus cari jalan lain untuk selamatkan karirnya

27 Feb 2024 - 09:00
Kalah di EFL, Chelsea Wajib Melaju di Perempat Final Piala FA
Mauricio Pochettino harus menangkan Chelsea di ajang piala FA (reuters/SJP)

London, SJP -  Laga final Piala EFL di Wembley yang pertemukan Chelsea dan Liverpool berakhir dengan kemenangan The Reds.

Padahal,  Chelsea juga berharap raih trofi di musim pertama mereka di bawah asuhan pelatih asal Argentina tersebut.

Meski punya sejumlah peluang berkualitas di waktu normal, Chelsea dan Liverpool sama-sama tak mampu memecah kebuntuan dalam waktu 90 menit sehingga pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Setelah sundulan serupa dianulir oleh VAR di awal pertandingan, kapten The Reds Virgil van Dijk sekali lagi bangkit dari tendangan sudut untuk mengamankan kemenangan ke-10 timnya di kompetisi tersebut.

Menurut Daily Mail, Pochettino menghadapi masa yang tidak pasti di Chelsea setelah ia gagal mendalangi kesuksesan timnya di Wembley pada akhir pekan.

Laporan tersebut mengklaim bahwa masa depan pelatih kepala di Stamford Bridge akan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan The Blues lolos ke kompetisi Eropa musim depan.

Sebuah tempat di babak playoff Liga Konferensi Europa dipertaruhkan di final Piala EFL hari Minggu, tetapi sekarang Chelsea harus mencari rute lain ke panggung kontinental.

Di bawah kombinasi Thomas Tuchel, Graham Potter dan Frank Lampard, Chelsea finis di urutan ke-12 di musim Liga Premier, kehilangan kualifikasi Eropa dengan selisih 17 poin.

The Blues saat ini berada di peringkat 11 klasemen sementara, namun hanya tertinggal empat poin dari tim peringkat ketujuh Brighton & Hove Albion, yang bermain satu pertandingan lebih banyak dari tim asal London Barat tersebut.

Dapat dipahami bahwa bos Chelsea, Todd Boehly tidak ingin mengambil keputusan tentang masa depan Pochettino sebelum musim berakhir, meskipun penurunan hasil dapat mengubah strategi klub.

Bos Sporting Lisbon Ruben Amorim dianggap sebagai sosok yang sangat diminati Chelsea, meski sejumlah klub top Eropa tengah memantau manajer asal Portugal tersebut.

Meskipun pemain Bayer Leverkusen Xabi Alonso telah muncul sebagai kandidat terdepan untuk menjadi penerus Klopp di kursi panas Liverpool, diyakini bahwa klub Merseyside tersebut menargetkan Amorim yang berusia 39 tahun sebagai opsi alternatif selain pemain Spanyol itu.

Ketika satu jalan menuju sepak bola Eropa terhenti, jalan lain akan dieksplorasi lebih jauh saat Chelsea melawan Leeds United untuk mendapatkan tempat di perempat final Piala FA pada Rabu malam.

Empat kemenangan beruntun di kompetisi ini akan membuat The Blues mengangkat Piala FA untuk kedelapan kalinya dalam sejarah mereka, sekaligus mendapatkan tempat di fase liga Liga Europa musim depan. (**)

Sumber: Daily Mail

Editor: Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow