IKAFATANI UPN Gelar Sosialisasi, Bantu Lulusan Baru untuk 'Noto Ati-Noto Diri'

Agenda ini merupakan sharing session yang ditujukan untuk mempersiapkan lulusan Fakultas Pertanian UPN agar tidak bingung saat masuk ke dunia kerja nanti.

28 Oct 2023 - 00:00
IKAFATANI UPN Gelar Sosialisasi, Bantu Lulusan Baru untuk 'Noto Ati-Noto Diri'
Ketua IKAFATANI, Yoyok bersama dengan Wakil Dekan Fakultas Pertanian UPN Veteran Surabaya, Maroeto saat memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi (Ryan/SJP)

Surabaya, SJP - Sebelum prosesi wisuda sarjana ke-89 Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya digelar pada tanggal 28 Oktober 2023, Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKAFATANI) mengadakan kegiatan sosialisasi untuk para calon wisudawan.

Ir. Wahyu Herdyanto selaku Ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKAFATANI) UPN Veteran Jawa Timur menjelaskan bahwa agenda ini merupakan sharing session yang ditujukan untuk mempersiapkan lulusan Fakultas Pertanian UPN agar tidak bingung saat masuk ke dunia kerja nanti.

"Sering kali lulusan baru setelah wisuda itu bingung, mau kemana dan melakukan apa. Maka dari itu kami bantu mereka dengan berbagi pengalaman, peluang bekerja dari para alumni Fakultas Pertanian UPN," jelas Wahyu yang akrab disapa Yoyok, Jumat (27/10/2023).

Kegiatan sosialisasi ini ditujukan untuk menata hati dan diri para lulusan baru, maka IKAFATANI memiliki sebutan menggunakan bahasa Jawa untuk calon wisudawan untuk bisa 'Noto Ati Noto Diri' yang artinya menata hati dan menata diri.

"Intinya kami ingin menyiapkan network kepada lulusan baru, mulai dari link untuk bekerja sebagai employe maupun wirausaha dan wiraswasta. Para alumni yang berpengalaman akan berbagi pengalaman mereka disesi ini," lanjut Wahyu.

Agenda ini juga bertujuan untuk menepis tanggapan awam yang menganggap Mahasiswa Pertanian hanya bisa masuk ke sektor pertanian yang berkutat pada lahan tani.

Padahal bisa lulusan pertanian juga bisa masuk ke sektor lain, terutama sektor busnis karena sudah mendapat bekal melalui program studi agribisnis.

"Kami sudah memiliki banyak role model yang membuktikan bahwa lulusan pertanian juga bisa jadi apa saja," ungkap Wahyu.

"Jika ada yang tetap ingin menjadi petani lahan? boleh dan bagus. Lalu jika ingin diluar dari itu? juga boleh dan akan kami bantu untuk jadi petani berdasi (Pembisnis), jadi jangan resah." tandas Wahyu kepada SuaraJatimPost.com.

IKAFATANI berharap semua lulusan bisa bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan juga bisa bermanfaat sebagai Alumni UPN Veteran Surabaya.

Wahyu sendiri berharap para lulusan baru bisa melanjutkan agenda sosialisasi ini di kemudian hari dan menjadi cintoh yang membanggakan bagi mahasiswa UPN Veteran Surabaya.

Fakultas Pertanian UPN Veteran Surabaya sendiri akan melepas 155 lulusan sarjana pada pelaksanaan Wisuda Periode I UPN Veteran Jawa timur TA.2023/2024 yang akan dilaksanakan pada 28 Oktober. (*)

Editor: Ronny Wicak

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow