Dua Destinasi Wisata Kota Batu Tersertifikasi Grade A

Jatim Park 3 dan BNS menunjukkan kredibilitas kedua tempat wisata ini mulai dari fasilitas, sumber daya manusia, pelayanan, produk dan sistem manajemen telah terpenuhi sehingga destinasi wisata yang masuk dalam jajaran Jatim Park Group tersebut dinyatakan aman, nyaman dan layak untuk dikunjung.

12 Dec 2023 - 16:30
Dua Destinasi Wisata Kota Batu Tersertifikasi Grade A
Suasana Jatim Park 3 (Arul/SJP)

Kota Batu, SJP - Jatim Park 3 dan Batu Night Spectacular (BNS) tercatat telah tersertifikasi dengan grade A pada Selasa (12/12/2023) setelah mendapatkan peninjauan dari Sertifikasi Usaha Lintas Sertifindo Unggul.

Hal ini menunjukkan kredibilitas kedua tempat wisata ini mulai dari fasilitas, sumber daya manusia, pelayanan, produk dan sistem manajemen telah terpenuhi sehingga destinasi wisata yang masuk dalam jajaran Jatim Park Group tersebut dinyatakan aman, nyaman dan layak untuk dikunjung.

Pimpinan Asesor LSU, Ihsan Averroes mengatakan jika kedua tempat wisata itu dinyatakan memenuhi standar.

"Mulai dari produk, manajerial, sarpras, struktur organisasi hingga SDM telah kami nyatakan lengkap dan memenuhi standar usaha. Termasuk dari aspek standar kesehatan dan keselamatan kerja (K3),'' ungkapnya.

Hanya saja, imbuh Ihsan, ada beberapa saja yang bersifat rekomendasi dan saran untuk perbaikan di aspek kelengkapan prosedur hingga kerapian ruang dan aspek tersebut masih dapat dievaluasi dalam waktu dekat.

Meski begitu, saran tersebut sifatnya masih dapat dievaluasi untuk diterapkan secara konsisten, termasuk kesediaan Jatim Park Group dalam menerapkan aspek K3 lebih tegas lagi pada pengunjung.

Terpisah, Dirut Jatim Park 3, Suryo Widodo menuturkan jika sertifikasi ini menjadi bagian dari komitmen JTP dalam memajukan industri pariwisata di Kota Batu.

"Dengan adanya sertifikasi ini, kita jadi merasa gak benar sendiri. Jadi kita ada acuan dan standar tertentu. Oh ternyata ada manejemen mutu yang harus kita lakukan, aksesibilitas difabel dan lain-lain. Ini membuat kita terus belajar jadi lebih baik,'' katanya.

Selama ini, pihaknya juga tidak tahu-menahu soal standar tempat rekreasi karena memang belum ada diatur oleh Pemkot Batu seperti halnya Perda Gedung dan Bangunan, Perda Standarisasi dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, komitmen dalam memenuhi standar usaha wisata ini bahkan sudah dilakukan sejak lama oleh Jatim Park 1 yang menjadi tempat wisata pertama mereka dan telah mendapat sertifikasi meskipun belum mengetahui standard yang ditetapkan oleh pemerintahm

Untuk itu, Suryo, masih berupaya menindaklanjuti sejumlah aspek yang perlu dalam waktu dekat seperti SOP keamanan untuk pengunjung.

"Untuk SOP pengunjung ini nanti akan kita pertegas lagi untuk meminimalisir resiko, meski keamanan arena bermain dan rekreasi kita sudah layak. Tapi, kami tetap akan berupaya melengkapi semuanya (prosedur.red)," pungkasnya. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow