Deklarasi Damai Parpol Batu Melalui Catur Silaturahmi 2023

18 partai politik menjanjikan perdamaian di Kota Batu meskipun pada masa kampanye yang dimulai pada 28 November sampai 10 Februari nanti tidak menutup kemungkinan akan memanas.

23 Nov 2023 - 15:45
Deklarasi Damai Parpol Batu Melalui Catur Silaturahmi 2023
Ketua PWI Malang Raya Cahyono dan Wakil 1 DPRD Kota Batu Nurochman saat bermain catur (SJP)

Kota Batu, SJP - Pertarungan menuju pusaran politik elektoral membuat seluruh parpol di Kota Batu melakukan deklarasi damai pada Kamis (23/11/2023) dalam acara catur silaturahmi 2023 gelaran Seksi Ikatan Wartawan Olahraga (SIWO) Kota Batu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya.

18 partai politik janjikan perdamaian di Kota Batu, meskipun pada masa kampanye yang dimulai pada 28 November sampai 10 Februari nanti tidak menutup kemungkinan akan memanas.

Kepala Diskominfo Kota Batu Onny Ardianto mewakili Pj Walikota Batu Aries Agung Paewai mengatakan gelaran Catur Silaturahmi 2023 Kota Batu merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk mendidik bacaleg serta masyarakat untuk berpolitik secara damai.

"Jadi acara ini outputnya memang bisa ditangkap agar nanti parpol yang bertarung dalam ajang pemilu serentak tetap membawa dampak positif kepada masyarakat dan tidak terjadi perpecahan," katanya.

Senada, Wakil Ketua 1 DPRD Kota Batu Nurrochman ungkapkan kegiatan catur silaturahmi merupakan lambang dari pertarungan yang berlangsung secara sportif.

"Kami mewakili masyarakat ingin dalam pemilu serentak nanti bisa berjalan seperti di pertandingan catur ini. Bisa berjalan sportif, damai, dan profesional," paparnya.

Ia tambahkan hak semua partai dulang suara di Kota Batu meski kedamaian masyarakat tetap jadi prioritas utama. 

Sehingga ia berharap nantinya parpol menang tidak lakukan euforia secara berlebihan dan parpol yang kalah bisa secara ikhlas terima hasil.

Sementara itu Ketua PWI Malang Raya Cahyono harap catur silaturahmi tersebut bisa jadi simbol pemilu damai yang nantinya tidak menjadi kegaduhan di Kota Batu saat kampanye berlangsung. 

"Terima kasih juga kepada peserta yang telah hadir ditengah padatnya acara persiapan kampanye masing-masing parpol yang akan berlangsung pada 28 November nanti. Kami berharap kedepannya akan terpilih pemimpin-pemimpin yang membawa Indonesia khususnya Kota Batu menjadi lebih maju," pungkasnya (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow