Bawaslu Jatim Gelar Sosialisasi Penanganan Pelanggaran Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Peran pemuda dan mahasiswa adalah salah satu kontrol untuk pengawasan potensi pelanggaran kampanye pemilu 2024 karena Bawaslu belum punya jajaran aksimal secara kuantitas hingga tataran kelurahan/desa.

15 Nov 2023 - 12:30
Bawaslu Jatim Gelar Sosialisasi Penanganan Pelanggaran Tahapan Kampanye Pemilu 2024
Optimalkan peran pemuda, Bawaslu Provinsi Jawa Timur gelar sosialisasi penanangan pelanggaran tahapan kampanye pada Pemilu tahun 2024. Rabu, (15/11/2023) (Donny Maulana/SJP)
Kota Malang, SJP - Mendekati gelaran pesta demokrasi tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur gelar sosialisasi di Ijen Suites Resort & Convention Malang pada 15 November 2023.
"Dalam sosialisasi kali ini kita berfokus pada sosialisasi peran masyarakat dalam penanganan pelanggaran tahapan kampanye dalam pemilu tahun 2024," ujar Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Anwar Noris dalam sambutan yang diberikan.
Acara sosialisasi ini dihadiri lebih dari 120 peserta yang terdiri mayoritas dari elemen pemuda (organisasi ekstra kampus/ Cipayung Malang dan BEM se Malang Raya).
"Dalam proses pengawasan pemilu yang panjang dan rumit ini Bawaslu perlu sinergi dengan banyak elemen masyarakat hingga pemerintahan, termasuk elemen pemuda dan tokoh masyarakat," tambahnya.
Lebih lanjut, acara sosialisasi dibuka dengan sambutan dari Anwar Noris selaku Komisioner Bawaslu Jawa Timur.
Acara berlanjut dengan penyampaian materi oleh narasumber dari PKC PMII Jawa Timur dan DPD IMM Jawa Timur serta sesi diskusi dan tanya jawab.
"Masih ada kendala dalam proses pengawasan pemilu, salah satunya Bawaslu belum mempunyai jajaran yang maksimal secara kuantitas sampai tataran kelurahan/desa. Maka dari itu, peran pemuda dan mahasiswa dalam hal ini sebagai salah satu kontrol dalam pengawasan sangat kami harapkan," lanjutnya.
Sebagai informasi, acara sosialisasi ini lebih spesifik mengangkat tema "Mahasiswa sebagai Bagian dari Generasi Milenial dan Generasi Z dalam Penanganan Pelanggaran Tahapan Kampanye Pemilu Tahun 2024".
 
Hadir juga dalam acara ini Kepala Bagian Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Lucia Martina Dewi Billem
 
"Kami (Bawaslu) tidak bisa berjalan tanpa menggandeng seluruh masyarakat dalam kerja-kerja pengawasan yang dilakukan," tandasnya. (0)
Pewarta: Donny Maulana

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow