Kepala Dinkes Kabupaten Jember Sediakan Emergency Medical di TPS Besok 

Selain pemeriksaan rutin kepada petugas KPPS dan juga PPS serta TNI/Polri, nakes juga harus wajib melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat ketika melakukan hak pilih di tempat pemungutan suara,(TPS) jika dirasa yang bersangkutan merasa tidak enak badan

13 Feb 2024 - 09:00
Kepala Dinkes Kabupaten Jember Sediakan Emergency Medical di TPS Besok 
Dr Hendro Soelistijono Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember.(Ulum/SJP)

Kabupaten Jember SJP -  Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Kabupaten Jember siap bekerja ekstra keras saat Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 besok.

Tentunya hal ini sudah tertuang dalam edaran Kementerian Kesehatan RI Nomor HK 02.01/MENKES/RI/133/2024 dimana tenaga medis harus disiagakan di beberapa tempat.

Selain pemeriksaan rutin kepada petugas KPPS dan juga PPS serta TNI/Polri, nakes juga harus wajib melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat ketika melakukan hak pilih di tempat pemungutan suara,(TPS) jika dirasa yang bersangkutan merasa tidak enak badan.

Selain itu, tenaga medis wajib juga menyediakan tim reaksi cepat atau emergency medical.

"Jadi kami persiapkan tenaga kesehatan standby dan kami perintahkan semua tenaga medis selalu berkoordinasi dan mempersiapkan klinik atau puskesmas dan tempat praktek jika ada sesuatu yang harus segera ditangani," kata Dr Hendro Soelistijono, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Selasa 13 Februari 2024.

Tidak hanya itu saja, Dr Hendro juga menyampaikan, agar hal hal tidak diinginkan terjadi seperti yang sudah sudah terjadi hingga terjadi tragedi yang tidak diinginkan.

"Kita tidak ingin terjadi hal petugas kelelahan dan hingga meninggal dunia, maka dari itu kami perintahkan nakes cek kesehatan per jam pada petugas, dan mengingatkan agar makan dan cukup minum," jelasnya.(*)

Editor: Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow