Perkaya Koleksi, TN Baluran Datangkan Indukan Banteng Jawa dari Prigen

TN Baluran memiliki suaka banteng yang berfungsi untuk proses breeding. Di suaka baluran punya 5 indukan betina dan satu ekor pejantan.

11 Oct 2023 - 20:00
Perkaya Koleksi, TN Baluran Datangkan Indukan Banteng Jawa dari Prigen
Pelepasan Banteng Jawa di Taman Nasional Baluran, Rabu (11/10/2023)

Kabupaten Situbondo, SJP - Taman Nasional Baluran mendatangkan seekor indukan Banteng Jawa (Bos Javanicus) dari Taman Safari Prigen. 

Banteng bernama Dimas ini sengaja didatangkan bertujuan untuk memperkaya koleksi taman nasional berjuluk Afrika van Java tersebut. 

Kepala Balai TN Baluran, Johan Setiawan mengatakan banteng tersebut tiba, Selasa (10/10/2023) sore kemarin. Berjenis pejantan usianya 6 tahun. 

"Hari ini banteng, baru dilepaskan di dalam suaka," kata Johan, Rabu (11/10/2023).

Johan mengatakan TN Baluran memiliki suaka banteng yang berfungsi untuk proses breeding. Di suaka baluran punya 5 indukan betina dan satu ekor pejantan.

Akan tetapi pejantan tersebut sudah tidak representatif untuk dikawinkan dengan para indukan betina. Karena secara silsilah masih satu keturunan darah. 

"Jadi kita datangkan pejantan baru, fresh blood yang tidak ada hubungannya dengan banteng yang ada di Baluran," bebernya.

Proses pendatangan indukan dari luar Baluran sudah beberapa kali dilakukan. Hasilnya pun efektif dan memperbanyak populasi Banteng Jawa di Baluran.

"Kita sudah merilis empat banteng dengan gen baru dari proses breeding ini," jelasnya.

Johan menyebut hasil pengamatannya bersama peneliti Copenhagen Zoo populasi Banteng Jawa di Baluran mencapai 211 ekor. Ia berharap kedatangan indukan baru dapat memperkaya genetika Banteng Jawa di Baluran.

"Ini ikhtiar kita untuk memperkaya populasi banteng di Taman Baluran," tegasnya. (*)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow