Peringati HKN, Bupati Malang Hadiri Jambore Kader Kesehatan Tiga Kecamatan

Kegiatan ini merupakan penambahan informasi tentang pelayanan kesehatan, agar para kader lebih terasah serta menambah motivasi para Kader.

14 Nov 2023 - 16:15
Peringati HKN, Bupati Malang Hadiri Jambore Kader Kesehatan Tiga Kecamatan
Bupati Malang HM Sanusi berikan hadiah kepada pemenang lomba di agenda Jambore Kader Kesehatan di Rest Area Gubuk Klakah Kabupaten Malang (doc. SJP)

Kabupaten Malang, SJP — Meskipun kedatangan Bupati Malang HM Sanusi terlambat karena beberapa jadwal kegiatan, namun kegiatan Jambore Kader Kesehatan Kabupaten Malang di Rest Area Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang sukses digelar.

Para kader kesehatan tetap menyambut kedatangan Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi serta beberapa OPD dengan antusias.

Dalam sambutannya, Sanusi mengatakan, agenda ini adalah bagian dari Hari Kesehatan Nasional disingkat HKN ke 59, dengan jumlah 700 Kader Kesehatan dari Kecamatan Tumpang, Kecamatan Wajak, serta Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Kegiatan meliputi lomba cerdas cermat dan yel-yel, kostum. Para juara, langsung diumumkan ketika Sanusi datang dan membuka agenda.

Untuk juara yel-yel dan kostum, juara 1 yakni dari Puskesmas Kecamatan Poncokusumo, juara 2 Kecamatan Tumpang, dan juara 3 Kecamatan Wajak.

Untuk juara cerdas cermat, juara 3 diraih Kecamatan Tumpang, Juara 2 Kecamatan Poncokusumo serta Juara 1 Kecamatan Wajak.

Lomba yang diikuti para kader kesehatan tersebut mewakili masing-masing puskesmas dan menghadirkan beberapa kuis mengenai simulasi pelayanan posyandu. 

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Gunawan Joko Untoro, mengatakan, agenda ini merupakan penambahan informasi tentang pelayanan kesehatan, agar para kader lebih terasah serta menambah motivasi para Kader.

"Tujuan digelarnya jambore ini agar ada peningkatan pelayanan dari Dinas Kesehatan, puskesmas hingga para kader kesehatan. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan derajat kesehatan di lingkungannya masing-masing," ujarnya kepada suarajatimpost.com.

Dikatakannya, di Kabupaten Malang terdapat ribuan lebih kader kesehatan yang tersebar di tiap-tiap desa.

Masing-masing kader aktif dalam kegiatan posyandu dan ikut membantu mensosialisasikan tentang kesehatan masyarakat. 

"Mereka para kader kesehatan merupakan tangan panjang dari dinas kesehatan Kabupaten Malang," terang Gunawan. (*)

Editor: Rizqi Ardian 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow