Pep Guardiola Raih Gelar Pelatih Terbaik FIFA 2023

Pelatih asal Spanyol ini jadi manajer pertama yang memenangkan treble dua kali, setelah ia juga mencapai prestasi tersebut selama bertugas di Barcelona

16 Jan 2024 - 08:15
Pep Guardiola Raih Gelar Pelatih Terbaik FIFA 2023
Pep Guardiola, pelatih bertangan dingin (FIFA/SJP)

London, SJP – Pep Guardiola raih penghargaan sebagai Pelatih Terbaik FIFA Footbal Awards 2023.

Pria berusia 52 tahun ini menangkan penghargaan tersebut untuk pertama kalinya dalam karirnya yang cemerlang kalahkan duo Italia Simone Inzaghi dan Luciano Spalletti untuk meraih penghargaan tersebut.

Guardiola pimpin Manchester City meraih treble bersejarah selama musim 2022-23 saat The Citizens memenangkan Liga Premier untuk musim ketiga berturut-turut, kalahkan rival sekota Manchester United di final Piala FA dan kemudian mengangkat trofi Liga Champions untuk pertama kalinya. .

Pelatih asal Spanyol ini jadi manajer pertama yang memenangkan treble dua kali, setelah ia juga mencapai prestasi tersebut selama bertugas di Barcelona.

City juga dua kali tuntaskan treble kontinental samai rival lokalnya Manchester United, yang capai prestasi tersebut pada tahun 1999.

Kesuksesan Guardiola singkirkan Inzaghi, yang membawa Inter Milan ke final Liga Champions, di mana mereka dikalahkan oleh City asuhan Guardiola.

Spalletti, sementara itu, membawa Napoli meraih kemenangan Serie A pertama mereka sejak 1990 pada musim 2022-23.

Napoli unggul 16 poin dari Lazio di papan atas Italia untuk mengakhiri penantian 33 tahun mereka untuk kembali dinobatkan sebagai juara negaranya.(**)

sumber: FIFA

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow