Manchester City Borong Gelar Juara di Penghujung 2023

Manchester City raih gelar juara kelima di tahun 2023 setelah kalahkan Fluminense 4-0 di final FIFA Club World Cup 2023 di Jeddah, Arab Saudi

23 Dec 2023 - 09:15
Manchester City Borong Gelar Juara di Penghujung 2023
Manchester City tutup tahun 2023 dengan borong gelar juara (IG@nathanake/SJP)

Jeddah, SJP - Sesuai prediksi, Manchester City jadi juara FIFA Club World Club 2023 setelah kalahkan Fluminense 4-0.

Tim besutan Pep Guardiola menangkan gelar kelima di tahun 2023 ini

Nathan Ake tidak buang waktu tunjukkan niat Manchester City unggul saat belum satu menit dimulainya pertandingan ketika bek tersebut meluncur ke depan.

Ia ukur tembakan dari jarak jauh dan bentur tiang dengan tendangan yang manis hingga Julian Alvarez sambut bola pantul dan cetak gol tercepat dalam sejarah kompetisi.

Menit ke 27 jadi malapetakan Fluminense karena gol bunuh diri Nino gandakan keunggulan City.

Phil Foden kemudian teruskan umpan silang Alvarez untuk mengubah skor menjadi 3-0 di menit ke 72.

Julian Alvarez juga cetak gol keduanya di menit ke 88.

“Rasanya luar biasa, kami sangat senang,” kata Ake kepada FIFA. “Kompetisi ini yang pertama bagi City dan yang pertama bagi kami sebagai pemain. “

Menurutnya, pertandingan ini cukup sulit karena Fluminense adalah tim yang sangat bagus dan memainkan sepak bola yang sangat bagus.

“Kami berjuang sekuat tenaga. Saya sangat senang kami berhasil memenangkan yang satu ini dan, secara total, lima trofi tahun ini,” lanjutnya.

Kemenangan tersebut tutup impian tahun 2023 bagi City, yang jadi tim Inggris pertama yang juarai Piala Dunia Antarklub dalam penampilan debutnya.

Kemenangan 4-0 mereka atas Fluminense juga merupakan kemenangan terbesar di final kompetisi tersebut, samai kemenangan Barcelona melawan Santos dengan skor yang sama pada tahun 2011.

Ake juga komentari permainan ciamik rekan-rekannya yang telah berkontribusi dalam kemenangan spektakuler ini.

“Julian selalu bagus dalam penguasaan bola dan gol-golnya berbicara sendiri,” tambah Ake. “Namun, ini bukan hanya soal golnya, tapi juga etos kerjanya. Dia selalu bekerja keras untuk tim dan menekan dari depan.”

Rodri dan bek sayap Kyle Walker masing-masing dapatkan penghargaan Golden Ball dan Silver Ball Adidas di ajang ini.

 “Rodri selalu tampil di level tinggi dan sangat penting bagi City,” tambah pemain internasional Belanda itu. “Kyle selalu bagus dalam bertahan dan bermain sangat bagus olah bola, dan ia selalu munculkan assist luar biasa seperti saat lawan Urawa Reds. Saya senang mereka berdua dapat penghargaan.”

Setelah tambahkan gelar Piala Dunia Antarklub ke dalam gelar Liga Premier, Piala FA, Liga Champions UEFA, dan Piala Super UEFA yang dimenangkan pada tahun 2023, Ake kini berniat rasakan lebih banyak kejayaan di tahun baru.

“Kami tahu musim ini masih panjang namun kami ingin berbuat lebih banyak. Kami akan berjuang untuk itu di tahun mendatang,” papar Ake. (**)

Sumber: FIFA

Editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow