Liga Premier Hadirkan Wasit Pertama Wanita dan Wasit Pertama Berkulit Hitam Pada 23 Desember

Sam Allison akan menjadi wasit kulit hitam pertama di Premier League, sedangkan Rebecca Welch menjadi wasit wanita pertama di ajang bergengsi ini

15 Dec 2023 - 14:45
Liga Premier Hadirkan Wasit Pertama Wanita dan Wasit Pertama Berkulit Hitam Pada 23 Desember
Rebecca Welch berkesempatan jadi wasit wanita pertama di Premier League,(sky/SJP)

London, SJP  - Sam Allison akan menjadi wasit berkulit hitam pertama di Liga Premier selama 15 tahun – dan yang kedua – pada akhir bulan ini.

Mantan petugas pemadam kebakaran berusia 42 tahun itu akan memimpin pertandingan Sheffield United vs Luton akhir Desember.

Kepala PGMOL Howard Webb memang hendak menepati janji untuk mendiversifikasi wasit papan atas.

Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) adalah badan yang bertanggung jawab atas permainan wasit dalam sepak bola profesional Inggris.

Di bawah kepemimpinan mantan wasit Howard Webb, badan tersebut telah berupaya meningkatkan keberagaman wasit di divisi teratas serta semua turnamen FA.

PGMOL juga akan menurunkan wasit pertama wanita di pertandingan Liga Premier yaitu Rebecca Welch.

“Rebecca dan Sam adalah bagian dari kelompok pengembangan yang dibentuk tahun lalu,” kata Howard Webb. “Mereka telah menampilkan penampilan bagus di Championship musim ini dan pantas mendapatkan peluang karena kualitas dan bakat yang mereka miliki.”

Menurut Web, hal ini sangat penting mengingat Rebecca menjadi wasit wanita pertama di Premier League. dan Sam menjadi wasit kulit hitam pertama di Premier League sejak Uriah Rennie pada tahun 2008.

“Profil mereka dapat jadi teladan bagi masyarakat lain di komunitas yang kurang terwakili dan hal ini tentu saja merupakan hal yang positif,” kata Webb seperti yang dilansir dari The Guardian. (**)

sumber: theguardian

editor: sportsmole

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow