Kunjungi Jombang, Prabowo Gelar Pertemuan Tertutup dengan Kiai Mataraman

11 Nov 2023 - 21:00
Kunjungi Jombang, Prabowo Gelar Pertemuan Tertutup dengan Kiai Mataraman
Prabowo saat di Ponpes Tebu Ireng Jombang (Erwin/SJP)

Jombang, SJP - Pabowo Subianto, bakal calon presiden (Bacapres) pasangan Bacawapres Gibran Rakabuming Raka mengunjungi Jombang, Jawa Timur pada Sabtu (11/11/2023).

Ia pun menggelar pertemuan tertutup dengan sejumlah kiai yang berasal dari kawasan Mataraman di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang.

Terlihat sejumlah kiai yang hadir antara lain KH Mutawakil Alallah dari Pondok Pesantren (PP) Zainul Hasan, Probolinggo, KH Nashir Badrus dari PP Al Hikmah Purwoasri Kediri, serta KH Masduqi Abdurrahman Al Hafidz dari PP Perak Jombang.

Sedangkan dari PP Tambakberas Jombang ada KH Hasib Wahab Chasbullah, Nyai Mahfudhoh Wahab. Kemudian KH Fahrur Rozi dari PP Annur Bululawang Kabupaten Malang, KH Zahrul Azhar As'ad atau Gus Hans dari PPDU (Pondok Pesantren Darul Ulum) Peterongan Jombang, serta Kiai Mahsun Fuad dari dari PP Fususul Hikam Ngrambe Ngawi.

"Ada sekitar 58 kiai yang hadir. Mereka berasal dari kawasan Mataraman, yakni Ngawi, Pacitan, Madiun, Ngawi, Blitar, Ponorogo, Magetan, Trenggalek, serta Nganjuk," ujar Wakil Ketua DPP Partai Gerindra, KH Irfan Yusuf, Sabtu (11/11/2023).

Sebelum pertemuan tertutup, Prabowo didampingi para kiai terlebih dulu berziarah ke makam keluarga Tebuireng. Di makam tersebut lantunan doa dipimpin oleh KH Masduki Abdurrahman, lalu mereka melakukan tabur bunga di makam Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari, KH Abdurrahman Wahid serta makam anggota keluarga lainnya.

Gus Hans yang ikut hadir dalam pertemuan tersebut menyampaikan jika Prabowo berbicara soal program untuk pesantren. Selain itu juga ada perbincangan yang bersifat off the record.

"Tadi Pak Prabowo juga menyampaikan program dana abadi pesantren seperti yang disampaikan Mas Gibran saat deklarasi. Para kiai merespon dengan baik program tersebut. Jika Pak Prabowo-Mas Gibran terpilih makam program dana abadi pesantren menjadi prioritas," kata pengasuh PPDU Jombang ini.

Usai pertemuan Prabowo mengatakan bahwa dirinya menyampaikan banyak hal di depan puluhan kiai. Sebaliknya, para ulama dan kiai juga menyampaikan harapan-harapannya. 

"Para ulama berpesan kepada saya agar memperjuangkan umat, memperjuangkan rakyat miskin," kata Prabowo.

Dalam kunjungan tersebut Prabowo didampingi oleh pengurus Partai Gerindra. Di antaranya Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad dan Ketua DPC Partai Gerindra Jombang Octadella Bilytha Permatasari. (*)

Editor : Queen Ve 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow