KH Salwa Arifin Resmikan Bumdesma Tenggarang Mandiri LKD

Badan usaha bersama dari beberapa desa di Kecamatan Tenggarang ini dikukuhkan agar bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

20 Sep 2023 - 17:00
KH Salwa Arifin Resmikan Bumdesma Tenggarang Mandiri LKD
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin bersama Camat Tenggarang dan Kepala DPMD berfoto bersama siswa penerima bantuan tas sekolah (Foto : Rizqi Ardian/SJP)

Kabupaten Bondowoso, SJP – Memasuki akhir masa jabatannya sebagai Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin meresmikan Bumdesa Bersama ‘Tenggarang Mandiri LKD’, di Kantor Kecamatan Tenggarang, Rabu (20/9/2023).

Badan usaha bersama dari beberapa desa di Kecamatan Tenggarang ini dikukuhkan agar bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Ini betul-betul punya peran penting dan terasa manfaatnya bagi masyarakat. Bumdesma ini juga menjadi percontohan bagi kecamatan lain,” kata Bupati Bondowoso dalam sambutannya.

Sementara itu Camat Tenggarang Rifky Hariyadi mengatakan, untuk anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Bumdesma ini secara langsung akan diverifikasi oleh Kemendes.

“Setelah ada verifikasi atau revisi nanti diteruskan Kemenkumham. Kita ada kesulitan perihal penyertaan modalnya, karena Bumdesma ini transformasi dari PNPM-MPd di mana ada proses pengalihan aset dan SDM," terangya.

Mantan Kabid Aset pada DPPKA Bondowoso ini menerangkan, semua aset PNPM-MPd harus dijadikan aset Bumdesma. Setelah itu, pengelola PNPM juga otomatis sebagai pengelola di usaha-usaha yang sudah ada. 

“Pinjaman tetap kita teruskan, karena, aset tahun 2022 sebesar Rp 2,2 miliar yang bergulir di masyarakat. Selanjutnya, usaha yang akan dirintis Bumdesma ini nantinya adalah percetakan dan jual beli ATK," pungkasnya.

Dalam peresmian Bumdesma tersebut, Bupati KH Salwa Arifin didampingi oleh Asisten I, Haeriyah Yuliati, Kepala DPMD, Ahmad dan beberapa Kepala OPD lainnya.

Bupati Bondowoso juga berkesempatan memberikan santunan kepada anak-anak yatim dan memberikan bantuan tas sekolah kepada siswa SD yang kurang mampu. (*)

Editor : Noordin

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow