Ketua PWI Malang Raya Ikut Ujian UKW Tingkat Utama

Para wartawan khususnya di Malang mempunyai sertifikasi kewartawanan dengan tujuan untuk membentuk wartawan yang profesional.

17 Nov 2023 - 17:30
Ketua PWI Malang Raya Ikut Ujian UKW Tingkat Utama
Ketua PWI Malang Raya Ir Cahyono di depan awak media usai pembukaan UKW angkatan 54-55 di Hotel Aria Jalan Kawi Kota Malang.

Kota Malang, SJP - Untuk kesekian kalinya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Uji kompetensi profesi wartawan kali ini diikuti peserta dari Jawa Timur yang di mulai hari ini, Jumat 17/11/2023.

Hal tersebut dikatakan Ketua PWI Malang Raya, Ir Cahyono, bahwa UKW merupakan bentuk kewajiban bagi wartawan jika ingin menjadi wartawan profesional.

"Teman-teman wartawan itu, harus mengikuti uji kompetisi dan wajib, karena itu memang regulasi dewan pers, untuk itu PWI Malang Raya dalam satu tahun adakan uji kompetensi 2 kali, hari ini ada 2 angkatan untuk menjaring teman-teman wartawan yang belum ikuti UKW," ucapnya kepada suarajatimpost.com.

Dengan seringnya UKW diadakan, Cahyono berharap para wartawan khususnya di Malang, mempunyai sertifikasi kewartawanan dengan tujuan untuk membentuk wartawan yang profesional.

Untuk peserta yang tidak lulus dalam tahapan, pihaknya memberikan kesempatan tiga bulan berikutnya guna mengikuti UKW.

Dalam kesempatan itu, Cahyono juga mengikuti ujian UKW tingkat utama guna melengkapi tahapan dua kompetensi yang sudah dilaluinya. 

Diketahui agenda UKW kali ini menjadikan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) yang berada di Malang Raya sebagai pelaksana UKW terbanyak dibandingkan kota lain.

Hal senada dikatakan ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim bahwa selain PWI Malang Raya paling banyak adakan UKW namun juga membantu wartawan yang berada di daerah mengikuti regulasi peraturan dewan pers.

"Jurnalis juga harus memiliki sertifikasi melalui UKW, dan diharapkan untuk terus menaikkan kualitasnya melalui tahapan UKW dari Muda, Madya, hingga Utama," pungkasnya. (*)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow