Hadapi Nataru, KAI Commuter Tambah 60 Perjalanan Sehari di Wilayah Daop 8 Surabaya

Masa Nataru 2023/2024, KCI akan mengoperasikan sebanyak 60 perjalanan Commuter Line setiap harinya di wilayah Daop 8 Surabaya. Jumlah perjalanan tersebut meningkat sebesar 7% jika dibandingkan dengan tahun lalu, yang hanya 56 perjalanan per hari.

24 Dec 2023 - 14:45
Hadapi Nataru, KAI Commuter Tambah 60 Perjalanan Sehari di Wilayah Daop 8 Surabaya
Masa Nataru 2023/2024, KCI akan mengoperasikan sebanyak 60 perjalanan Commuter Line setiap harinya di wilayah Daop 8 Surabaya.(Foto:dok.KCI hums/SJP)

Surabaya, SJP - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) tambah perjalanan 60 kalo sehari, sebagai bentuk kesiapan masa angkutan natal dan tahun baru (Nataru) 2023/2024 di wilayah Daop 8 Surabaya.

Hal itu diungkapkan Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba melalui Manajer Hubungan Masyarakat (Humas) Kereta Commuter Indonesia, Reza Arlan lewat keterangan tertulis, Ahad (24/12/023).

Dikatakan, pelayanan optimal dilakukan pihak KCI dengan fokus terhadap keselamatan, keamanan dan pelayanan pengguna moda transportasi kereta api (KA) commuter Indonesia.

Menurutnya, upaya tersebut menjadi solusi ekosistem transportasi urban bagi masyarakat saat merayakan Natal dan tahun baru ataupun berlibur di momentum Nataru 2023/24 ini.

"Masa Nataru 2023/2024, KCI akan mengoperasikan sebanyak 60 perjalanan Commuter Line setiap harinya di wilayah Daop 8 Surabaya. Jumlah perjalanan tersebut meningkat sebesar 7 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu, yang hanya 56 perjalanan per hari," ujarnya.

Disebutkan, untuk layani pengguna selama masa Nataru, KCI menyiagakan sebanyak 449 petugas yang terdiri dari 156 petugas pelayanan dan 293 petugas pengamanan.

"KCI memprediksi volume pengguna Commuter Line di wilayah Daop 8 Surabaya selama masa Nataru 2023/2024 mencapai 856 ribu orang. Angka tersebut meningkat sebesar 7 jika jika dibandingkan dengan tahun lalu, yang hanya 800 ribu orang," ulasnya.

Selanjutnya, untuk langkah antisipasi lonjakan penumpang, KCI mengimbau kepada para pengguna yang akan melakukan perjalanan menggunakan Commuter Line di wilayah Surabaya dan sekitarnya guna rencanakan perjalanannya sejak awal.

"Sebelum keberangkatan, pengguna juga harus melakukan boarding di stasiun keberangkatan. Pengguna juga diimbau untuk menyiapkan kartu identitasnya untuk mempercepat proses boarding," paparnya.

Di wilayah 8 Surabaya, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 60 perjalanan Commuter Line setiap harinya dengan menggunakan 3 trainset KRD dan 9 rangkaian kereta ekonomi.

Berikut jumlah perjalanan Commuter Line di wialayah 8 Surabaya setiap harinya:

  1. Commuter Line Dhoho relasi Surabaya – Kertosono – Blitar  PP sebanyak 14 perjalanan
  2. Commuter Line Penataran relasi Surabaya – Malang – Bitar PP sebanyak 8 perjalanan
  3. Commuter Line Tumapel relasi Surabaya – Malang PP sebanyak 2 perjalanan
  4. Commuter Line Blorasura relasi Surabaya Pasar Turi – Cepu PP sebanyak 4 perjalanan
  5. Commuter Line Arjonegoro relasi Siduarjo-Surabaya Ps. Turi - Babat – Bojonegoro PP sebanyak 10 perjalanan
  6. Commuter Line Jenggala relasi Surabaya – Mojokerto – Sidoarjo PP sebanyak 6 perjalanan
  7. Commuter Line Sindro relasi Indro, Gresik – Sidoarjo PP sebanyak 8 perjalanan
  8. Commuter Line Supas relasi Surabaya – Pasuruan PP sebanyak 8 perjalanan.

KAI Commuter mengimbau kepada para pengguna yang sedang dalam kondisi tidak sehat agar menggunakan masker selama berpergian, mencuci tangan atau membawa hand sanitizer.

Tak hanya itu, kata Anne, pengguna juga diimbau untuk melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI. Pemesanan tiket lewat aplikasi tersebut sudah bisa dilakukan mulai 7 hari sebelum keberangkatan kereta.

"KAI Commuter juga mengimbau kepada para pengguna yang akan melakukan perjalanannya menggunakan Commuter Line di wilayah Surabaya dan sekitarnya agar rencana akan perjalanan sejak awal dengan melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI," pungkasnya. (**)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow