Jelang Nataru, Harga Cabai Kota Batu Meroket

Kenaikan harga komoditi sayuran pedas ini terjadi sejak memasuki Desember dan membuat pedagang kurangi stok cabai di pasar karena permintaan konsumen yang ikut menurun

08 Dec 2023 - 14:45
Jelang Nataru, Harga Cabai Kota Batu Meroket
Sutiani salah satu pedagang PKL Pasar Pagi Kota Batu (Arul/SJP)

Kota Batu, SJP - Menjelang peak season Natal dan Tahun Baru (Nataru) harga beberapa komoditi sayuran pedas di Kota Batu meroket.

Terpantau harga tiga jenis bahan pokok dan bawang merah meningkat secara signifikan.

Sutiani, salah satu pedagang di Pasar Pagi Kota Batu kenaikan harga tersebut dimulai sejak memasuki awal Desember.

"Kira-kira pekan lalu mulai naik, hampir seluruh pedagang mengurangi stok jualan disini (pasar.red)," paparnya Jumat (8/12/2023).

Dari data yang dihimpun, harga cabai rawit yang sebelumnya berada diangka Rp 55 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 85 ribu per kilogram.

Cabai merah keriting yang sebelumnya berada di angka Rp 63 ribu per kilogram naik menjadi Rp 73 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk harga cabai merah besar yang sebelumnya berada diangka Rp 69 ribu per kilogram kini menjadi Rp 79 ribu per kilogram.

Ditambahkan harga bawang merah yang sebelumnya Rp 18 ribu perkilogram kini naik menjadi Rp 26 ribu perkilogram.

"Yang cukup terasa memang di kenaikan harga cabai rawit karena diatas Rp 10 ribu. Oleh sebab itu permintaan konsumen terhadap cabai rawit ikut turun secara signifikan, sehingga stok di pasar kami turunkan. Biasanya harga akan kembali normal setelah memasuki awal minggu kedua di Januari 2024 mendatang," pungkas wanita yang berdomisili di Kelurahan Temas tersebut. (*) 

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow