Hadiri Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Ini Pesan Wakil Bupati Malang

Tak hanya pemanfaatan lahan hutan, Didik berpesan, agar para warga peduli dengan keberlangsungan hutan khususnya di wilayah Kabupaten Malang

06 Dec 2023 - 14:45
Hadiri Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Ini Pesan Wakil Bupati Malang
Wakil Bupati Malang H Didik Gatot Subroto (tengah) berfoto bersama dalam agenda Hari Menanam Pohon Indonesia. (Hafid/SJP)

Kabupaten Malang, SJP — Wakil Bupati Malang H Drs Didik Gatot Subroto hadiri agenda Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia.

Kegiatan tersebut juga disertai dengan Penyerahan Alat Ekonomi Produktif, Bibit Tanaman, Penghargaan CSR, serta penyerahan Serifikat Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) Tahun 2023 Lingkup Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Malang.

Usai agenda yang dilaksanakan di area Hutan Pinus Precet, Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir Kabupaten Malang, Didik katakan bahwa, atas adanya kegiatan yang di prakarsai pemerintah pusat melalui Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur di wilayah Kabupaten Malang

Ia mengucapkan rasa terimakasih sebab dukungan dirasakan hingga hari ini khususnya di bidang kehutanan.

"Kami berterimakasih atas kegiatan ini, secara seremonial, agenda dilaksanakan di Kabupaten Malang, ini sebagai apresiasi di 2023 pemerintah Kabupaten Malang banyak mendapatkan kejuaraan, yang tentunya melalui pendampingan dari pihak Kementerian dan dari Dinas KLHK," ucapnya. Rabu, 6 Desember 2023.

Tentunya, lanjut Didik, penanaman pohon tersebut dalam rangka menyambut musim penghujan yang berkaitan dengan wilayah konservatif serta kemudian wilayah hutan yang menjadi binaan Dinas Kehutanan atau ADM Perhutani.

"Target kita proses menanam ini dibarengi bagaimana nanti perawatan, pemeliharaan, sehingga 20 tahun yang akan datang, memberikan manfaat kepada semuannya," tukasnya.

Pria yang pernah berbisnis kayu glondongan ini juga memaparkan bahwa banyak wilayah hutan gundul, yang merupakan area konservasi dengan banyak sumber dibawahnya.

Untuk itu penanaman kali ini sebagai momen untuk proses reboisasi guna menambah sumber air.

Hal itu juga sebagai penanggulangan bencana banjir sebab erosi, maka dari itu pihaknya bersama masyarakat yang hadir mulai menanam pohon-pohon tersebut.

Didik berharap, pihak Pemerintah Pusat serta Kabupaten Malang bersama-sama masyarakat saling dukung upaya penanaman pohon khususnya di area konservasi.

Dari segi Perhutanan Sosial, Didik jelaskan bahwa pihak Pemkab Malang bakal selalu mendukung dalam pemanfaatan lahan.

"Tetap kita dorong, temen-temen bisa memanfaatkan area-area yang sudah di SK kan oleh Bapak Presiden," terangnya.

Namun tak hanya dalam pemanfaatan lahan hutan, Didik berpesan, agar para warga peduli dengan keberlangsungan hutan khususnya di wilayah Kabupaten Malang.

"Konteks yang paling utama adalah memelihara dan mematuhi aturan-aturan sehingga keseimbangan lingkungan tetap terjaga, agar hutan kita asri, masyarakat kita bisa meningkatkan perekonomiannya," pungkasnya.

Mengakhiri wawancaranya, Didik mengatakan bahwa dalam segi pemanfaatan hutan dalam ranah Perhutanan Sosial, menyesuaikan regulasi Pemerintah pusat.

Hadir dalam agenda tersebut yakni, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Komisi B DPRD, Perhutani Provinsi serta Cabang Malang, TNI, KUB, KTH serta OPD hingga Muspika. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow