H+2 Lebaran Jadi Waktu Krusial Banjir Wisatawan di Batu

Polres Batu menilai setidaknya sebanyak 16 persen atau sekitar 34 juta orang akan bergerak ke Jawa Timur baik dalam urusan berwisata maupun mudik lebaran. Sehingga peran Kota Bati dalam melepas lelah setelah beraktivitas bekerja selama beberapa bulan akan terpenuhi dimasa long weekend.

02 Apr 2024 - 16:15
H+2 Lebaran Jadi Waktu Krusial Banjir Wisatawan di Batu
Kondisi jalan raya Kota Batu yang masih lengang (Arul/SJP)

Kota Batu, SJP - Menjelang Lebaran 2024, Kota Batu diprediksi bakal mengalami kebanjiran wisatawan pada H+2 atau sekitar 13 April mendatang.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin mengatakan pada Selasa (2/4/2024), hal ini dianalisis melalui masa libur yang cukup panjang, sehingga memungkinkan masyarakat menikmati wisata yang disuguhkan oleh Kota Batu.

"Pertama di Kota Batu tidak terpantau secara masif memiliki pergerakan akan pemudik. Lalu yang kedua Batu adalah kota wisata, sehingga ketika terdapat libur yang panjang, maka masyarakat yang bekerja di tempat lain dan pulang ke Jatim kemungkinan akan berwisata kesini," urainya. 

Terlebih, hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT), jumlah pergerakan masyarakat saat musimudik pada lebaran 2024 diprediksi mencapai 71,7 persen atau 193,6 juta jiwa.

Dari hal tersebut juga dipaparkan setidaknya sebanyak 16 persen atau sekitar 34 juta orang akan bergerak ke Jawa Timur. Sehingga peran Kota Batu dalam melepas lelah setelah beraktivitas bekerja selama beberapa bulan akan terpenuhi dimasa long weekend.

“Maka dari itu, Rakor eksternal ini sangat penting. Guna membuat skema antisipasi pengamanan pada Operasi Ketupat Semeru 2024, yang akan digelar mulai tanggal 3-16 April 2024,” paparnya.

Lebih lanjut, Oskar juga menyampaikan Polres Batu telah menyiapkan sejumlah langkah antisipatif, dari permasalahan kemacetan yang kerap terjadi, terutama di kawasan Jalan Ir Soekarno sampai masuk kawasan perkotaan. 

Penerapan sistem One Way sepanjang Jalan Ir Soekarno sampai Lippo Plaza juga sudah dikerjakan dengan dikawal oleh anggota Lantas sehingga ketika arus lalin akan ditarik dari bawah ke atas selama beberapa menit, Polres juga akan menyiapkan beberapa jalur alternatif untuk memecah kemacetan. (*)

Editor : Rizqi Ardian 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow