Groundbreaking Pembangunan Taman Tematik Krampyangan Kota Pasuruan Dimulai

Sejumlah taman tematik tersebut, di antaranya Taman Mekah, Taman Olah Raga, Taman Bermain Anak dan Taman Agro yang ada di Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan

30 Nov 2023 - 10:30
Groundbreaking Pembangunan Taman Tematik Krampyangan Kota Pasuruan Dimulai
Wali Kota Pasuruan paparkan rencana pembangunan taman tematik krampyangan (foto isbi /SJP)

Kota Pasuruan, SJP — Upaya Pemerintah Kota Pasuruan untuk percantik dan perindah lingkungannya terus digenjot. 

Salah satu upaya tersebut adalah gencarnya pembangunan taman tematik dalam rangka mewujudkan kawasan ruang terbuka hijau di kota setempat.

Sejumlah taman tematik tersebut, di antaranya Taman Mekah, Taman Olah Raga, Taman Bermain Anak dan Taman Agro yang ada di Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan pada Rabu (29/11/2023) malam.

Wali Kota Pasuruan H. Saifullah Yusuf katakan terdapat sejumlah alasan yang menjadikan pemkot ingin membangun taman tematik di Kota Pasuruan.

Salah satunya adalah pemecah konsentrasi keramaian masyarakat yang selama ini hanya terpusat di alun-alun.

"Tidak hanya untuk nanti menjadi taman olahraga, taman tematik juga menjadi tempat manasik haji terbesar di jawa timur. Nantinya kami akan membangun ka'bah persis seperti di Mekkah serta ada masjidnya, dengan panjang 100 meter dan lebar 90 meter," kata pria yang akrab dipanggil Gus Ipul ini.

Menurut Gus Ipul, pembangunan taman tematik berkolaborasi dengan Pemerintah Jawa Timur.

"Pembangunan taman tematik wujud serta Pemerintah Jawa Timur, sehingga pembangunan taman tematik itu sendiri dari dana APBD Jawa Timur, kami hanya memberikan tempat pembangunannya saja," lanjutnya.

Sementara Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa sampaikan pembangunan taman tematik sementara disupport oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur hanya pembangunan masjid senilai 15 milliar rupiah.

"Penanda dimulainya pembangunan Taman Tematik Krampayangan ini terunik, karena dilaksanakan tengah malam. Memang tadi sore kita membahas realisasi pendapatan dan realisasi belanja Pemprov Jawa Timur," jelas Khofifah. "Karena bulan Desember pasti agak 'strict', agak detail dan Pak Sekda menyampaikan ada BK 15 milliar rupiah." 

Khofifah juga berharap taman tematik di Kota Pasuruan jadi salah satu program pembangunan yang digagas oleh walikota Saifullah Yusuf dalam masa kepemimpinannya. 

"Saya lihat desainnya sangat besar dan variatif, dan memang dari detail plan masih ada kekurangan meskipun ada tambahan anggaran dari Pemkot Pasuruan," jelasnya. "Program pembangunan Taman Tematik dianggap memiliki banyak potensi untuk menarik wisatawan dan meningkatkan index of happines warga Kota Pasuruan." (adv)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow