Gelar Karya Yayasan Pendidikan Budi Utomo Gadingmangu Jombang Ada Mobil Listrik Sekaligus Lowongan Kerja

Kepala Sekolah SMK Budi Utomo Gadingmangu Parwata mengatakan Gelar Karya (14-16 Desember) merupakan hasil karya dari proses pembelajaran di kelas

15 Dec 2023 - 06:45
Gelar Karya Yayasan Pendidikan Budi Utomo Gadingmangu Jombang Ada Mobil Listrik Sekaligus Lowongan Kerja
Pengurus Yayasan Pendidikan Budi Utomo bersama Siswa berfoto didepan salah satu karya motor truk. (Fredi/SJP)

Jombang, SJP - Yayasan Pendidikan Budi Utomo gelar kegiatan Gelar Karya berpadu dengan Expo Campus dan Mini Job Fair di halaman Masjid Luhur Nur Hasan Pondok Pesantren Gadingmangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023). 

Kegiatan yang menampilkan hasil karya siswa ini, dilengkapi dengan sosialisi pengenalan Perguruan Tinggi serta pengetahuan akan dunia kerja dan industri melalui berbagai stand yang dipamerkan. 

Acara digelar dari tanggal 14 Desember sampai 16 Desember 2023, mulai dari jam 8 pagi sampai jam 10 malamdengan berbagai stand karya siswa serta aneka pilihan Perguruan Tinggi dan industri dibuka untuk umum. 

Sekretaris Yayasan Pendidikan Budi Utomo Gadingmangu, Toto Raharjo mengatakan kegiatan sebagai wujud kreativitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

"Selama ini pelajaran-pelajaran di sekolah dan inilah prakteknya. Anak-anak mewujudkan karyanya selama di sekolah," kata Toto kepada wartawan, Kamis (14/12/2023). 

Selain itu, kegiatan juga mempertemukan dan mengenalkan siswa lebih dulu dengan dunia industri, dunia kerja dan dunia Perguruan Tinggi. 

Pesertanya sendiri dari dunia industri dan Perguruan Tinggi di Jawa Timur dan sekitarnya. 

"Semuanya total ada sekitar 70 stand dari berbagai industri juga dari perguruan tinggi," terang Toto. 

Ada berbagai lowongan kerja dibuka secara langsung di stand industri.

Pengunjung bisa mengajukan lamaran langsung. 

Selain itu ada juga stand yang disediakan dari Barcom mengadakan lomba merakit dan memasang CCTV untuk siswa. 

Menurut Toto, SMK Budi Utomo sebagai pilot project pendidikan formal yang ada di Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII).

Diharapkan para generasi penerus LDII, terutama alumni dari SMK Budi Utomo dan SMA Budi Utomo nantinya bisa menjadi pemimpin ke depan.

Target pendidikan pembinaan generasi muda di dalam LDII itu ada tiga yaitu pertama akhlakul karimah, kedua Alim Faqih berilmu dan paham tentang agama, ketiga Mandiri.

Kemandirian inilah yang menjadi tumpuan di SMK Budi Utomo, Kemandiriannya dibekali dengan berbagai skill. 

"Demikian langkah-langkah yang diambil Yayasan dalam rangka pembinaan generasi penerus LDII," tandasnya. 

Sementara, Kepala Sekolah SMK Budi Utomo Gadingmangu Parwata mengatakan Gelar Karya merupakan hasil karya dari proses pembelajaran di kelas.

Pihaknya berupaya untuk hasil karya dari proses belajar mengajar menghasilkan sebuah karya.

Ia mencontohkan karya motor listrik siswa, motor truk (motruk), motor BMX, kemudian juga hasil karya tata busana yang menghasilkan seragam siswa. 

"Dengan Gelar Karya, guru bisa lebih kreatif berinovasi, kemudian berkolaborasi antar mata pelajaran," ujar Parwata.

Sebagai contoh, terang Parwata materi pelajaran matematika tidak hanya mengajarkan tentang bagaimana membuat sudut, tapi dikombinasikan dengan pelajaran teknik otomotif, tata busana dan berbagai keahlian. Sehingga siswa bisa paham kegunaan belajar Matematika, senang dan merdeka dalam belajar. 

"Kemarin di lomba Batik Nasional kita bisa juara 1 di Solo itu karyanya yang ada di jurusan tata busana, motor listrik kemarin kita ikut Expo Rakernas LDII di Jakarta," terangnya. 

Parwata berharap untuk lebih optimal lagi di masing-masing jurusan belajar siswa SMK Budi Utomo. Siswa betul-betul menghasilkan karya yang dimanfaatkan di kehidupan masyarakat.

"Bukan hanya untuk konsumsi di dalam saja tetapi kita berharap karya-karya anak dari SMK Budi Utomo ini bisa bermanfaat untuk lingkungan masyarakat luas," pungkasnya. 

Dalam pembukaan acara turut hadir Chriswanto Santoso Ketua Umum DPP LDII, Kombes Pol Purn Basiyah Adhi Banadi Pimpinan Pondok Pesantren Gadingmangu Jombang, Kasi SMK Cabdindik Jombang Elfian Rosadi, Camat Perak, Danramil Perak dan Polsek Perak. (*) 

editor:  trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow